PERUBAHAN KEHIDUPAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT PASCA BENCANA GEMPA

Adela Siahaan

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan kehidupan sosial ekonomi pasca bencana gempa, (2) Menjelaskan dampak perubahan terhadap interaksional masyarakat Nagari Gunung Padang Alai. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan trianggulasi data. Informan penelitian adalah masyarakat korban bencana gempa, tokoh masyarakat, pemerintah Nagari dan Kecamatan. Teknik pemilihan informan dengan cara Snowball sampling Analisis data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model interaktif yang dikembangkan oleh Mathew Milles Huberman. Hasil penelitian ini menunjukan terjadinya perubahan kehidupan sosial ekonomi masyarakat pasca bencana gempa ditandai dengan semakin heterogennya kehidupan sosial seperti terbentuknya kelompok baru dalam masyarakat, beragamnya matapencaharian masyarakat. Dampak perubahan menyebabkan masyarakat semakin individualisme, hubungan masyarakat semakin renggang dan lebih bersifat egois serta ketergantungan masyarakat dalam memperoleh dana bantuan gempa.


Keywords


Perubahan Sosial; Sosial Ekonomi; Bencana Gempa; Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2008. Penelitian Kualitatif, Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan, Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Lauer, Robert. 2013. Perspektif Tentang Perubahan Sosial. Jakarta: Rineka Cipta .

Martono Nanang. 2011. Sosiologi Perubahan Sosial Prepektif Klasik, Modern, Posmodern, dan Perkolonial, Jakarta: PT Raja grafindo Persada.

Miles, Matthew B, dan A. Michael Huberman. 2012. Analisis Data Kualitatif (Terjemahan oleh Tjettjep Rohendi Rohidi). Jakarta: Universitas Indonesia.

Moleong, Lexi J. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosda.

Ritzer & Goodman. 2010. Teori sosiologi dari Teori sosiologi Klasik Sampai Perkembangan Mutakhir teori Sosial Postmodern. Cetakan kelima. Jakarta.: Kreasi Wacana Offset.

Profil Nagari Gunung Padang Alai Tahun 2006.

Syani, Abdul. 2012. Sosiologi Skematika, Teori dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v8i3.5130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.