PENGARUH TINGKAT LIKUIDITAS DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP STRUKTUR MODAL PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR SEKTOR TEKSTIL DAN GARMEN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Ade Isyana Hairunnisah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memberikan bukti empiris pengaruh tingkat likuiditas dan ukuran perusahaan terhadap struktur modal. Analisis ini menggunakan variabel independen tingkat likuiditas yang di hitung dengan rario lancar dan ukuran perusahaan dihitung menggunakan logaritma dari total asset. Variabel dependennya adalah struktur modal. Struktur modal dihitung menggunakan DAR. Sampel yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor tekstil dan garmen yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2009-2013. Sampel diambil dengan metode purposive sampling dan yang memenuhi kriteria pemilihan sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 12 perusahaan. Metode statistik menggunakan analisis Statistik deskriptif, analisis uji asumsi klasik meliputi: normalitas, multikolinearitas, heterokedastisitas, autokorelasi. Analisis Regresi Linear Berganda dan uji hipotesis yang meliputi: uji koefisien determinasi, uji statistik t dan uji statistik F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel tingkat likuiditas memiliki hubungan signifikan yang negatif terhadap struktur modal dengan nilai t hitung -5.963 dan nilai sig 0.000 < 0.05, sedangkan variabel ukuran perusahaan tidak memiliki hubungan yang signifikan terhadap struktur modal dengan nilai t hitung -0.895 dan nilai sig 0.375 > 0.05. Tetapi secara bersamaan kedua variabel tersebut memiliki hubungan yang signifikan terhadap variabel struktur modal bahwa nilai F hitung 17.898 dengan nilai sig. 0.000 < 0.05 pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2013.

Keywords


Tingkat Likuiditas; Ukuran Perusahaan; Struktur Modal

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Edisi Revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta.

Indriantoro, Nur dan Supomo, Bambang. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis.Edisi-I. Yogyakarta: BPFE.

Mulyadi. 2005. Auditing. Edisi Keenam. Jakarta: Salemba Empat.

Notoadmodjo, Soekidjo. 2005. Metodologi Penelitian Kesehatan, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Nazir, Moh, 2005. Metode penelitian, Edisi Keenam, penerbit Ghalia Indonesia, Bogor.

Newstorm, John W, Keit Davis 1993. “Auditing”, Salemba Empat Edisi ke-5.

Priyatno, Duwi. 2010. Paham Analisa Statistic Data Dengan SPSS. Yogyakarta: Mediakom. SPSS. 2009. Belajar kilat SPSS Ver. 19. Yogyakarta: Kerjasama Andi dan Elkom.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i3.5520

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.