ANALISIS HARGA, KEPUASAN DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

Joko Hadi Susilo, Siti Alfiyana, Muhammad Irfan Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, kepuasan konsumen dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian, Perilaku konsumen adalah sebagai kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam mendapatkan dan menggunakan barang-narang dan jasa termasuk di dalamnya proses pengambilan keputusan dan persiapan penentu kegiatan-kegiatan tersebut. Keputusan pembelian merupakan sikap seseorang untuk membeli atau menggunakan suatu produk baik berupa Brang atau jasa yang telah di yakini akan memuaskan dirinya dan kesediaan menanggung resiko yang mungkin ditimbulkannya. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan analisis kuantitatif deskriptif dengan jumlah sampel pengamatan 100 sampel yang terdiri dari seluruh generasi muda di Kabupaten Bojonegoro. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa harga secara parsial tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian akan tetapi secara simultan berpengaruh signifikan dan postif terhadap keputusan pembelian. Kepuasan konsumen secara parsial dan simultan mempunyai pengaruh yang signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Kualitas produk secara parsial dan simultan berpengaruh signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian.

Full Text:

PDF

References


Alpian, D. R., & Rokhaminawanti, E. (2023). Analisis Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Pada UMKM Broy. All Science Journals, 2(2), 147-159.

Amilia, S. (2017). Pengaruh citra merek, harga, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian handphone merek xiaomi di kota langsa. Jurnal manajemen dan keuangan, 6(1), 660-669.

Anwar, I., & Satrio, B. (2015). Pengaruh harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 4(12).

Aptaguna, A., & Pitaloka, E. (2016). Pengaruh Kualitas Layanan Dan Harga Terhadap Minat Beli Jasa Go-Jek. Widyakala Journal: Journal Of Pembangunan Jaya University, 3, 49-56.

AZ, S. M. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Promosi, Kepercayaan Merek, Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Vario (Studi Pada Pengguna Motor Honda Vario Di Kecamatan Muara Bulian). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 18(1), 116-125.

Budiharja, R. G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Aqua Di Kota Pati. Jurnal STIE Semarang, 8(2), 133954.

Dewi, W. S., Hasiholan, L. B., & Minarsih, M. M. (2016). Pengaruh kualitas produk, kepercayaan terhadap keputusan pembelian dengan kepuasan konsumen sebagai variabel intervening Studi kasus pada Susu Bebelac di Giant Hypermarket Karangayu Semarang. Journal of Management, 2(2).

Farisi, S. (2018). Pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian sepatu Adidas pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. The National Conference on Management and Business (NCMAB) 2018.

Gain, R., Herdinata, C., & Sienatra, K. B. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga terhadap keputusan pembelian konsumen Vodkasoda shirt. Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(2), 142-150.

Hair J.F., et al. 2010.Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Hasan, M., & Azis, M. (2018). Pembangunan Ekonomi & Pemberdayaan Masyarakat: Strategi Pembangunan Manusia dalam Perspektif Ekonomi Lokal.

Irawan, D. (2019). Analisis strategi bauran pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan menurut perspektif ekonomi islam (Studi pada mebel Karya Mandiri Kabupaten Pringsewu) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Iriyanti, E., Qomariah, N., & Suharto, A. (2016). Pengaruh harga, kualitas produk dan lokasi terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan sebagai variabel intervening pada depot mie pangsit Jember. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 2(1).

Kotler, Philip and Kevin Lane Keller. (2012). Marketing Management, Edition 14, England: Pearson Education

Listyawati, I. H. (2016). Peran Penting Promosi dan Desain Produk Dalam Membangun Minat Beli Konsumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 3(1).

Lotulung, P. V., Mandey, S. L., & Lintong, D. C. A. (2023). Pengaruh Persepsi Konsumen Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Baju Bekas Impor Pada Masyarakat Kelurahan Karombasan Utara Lingkungan 8 Kecamatan Wanea. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 11(02), 561-572.

Mandey, J. B. (2013). Promosi, distribusi, harga pengaruhnya terhadap keputusan pembelian Rokok Surya Promild. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(4).

Nuraini, D., & Evianah, E. (2019). Analisis perbedaan kepuasan konsumen terhadap pembelian produk baju secara online dan offline. Ekonomi-Manajemen Equilibrium: Jurnal Akuntansi, 15(2).

Rachmawati, A., Kana, A. A., & Anggarini, Y. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Proses Keputusan Pembelian Produk Hijab di Nadiraa Hijab Yogyakarta. Cakrawangsa Bisnis: Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 1(2).

Rumondang, A., Sudirman, A., & Sitorus, S. (2020). Pemasaran Digital dan Perilaku Konsumen.

Russanti, I. (2021). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Konsumen Terhadap Pakaian Bekas. Jurnal Online Tata Busana, 10(3), 62-68.

Suharta, T. (2017). Pengembangan instrumen pengukur tingkat kepuasan siswa terhadap kualitas pelayanan pendidikan di sekolah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(2), 117-125.

Sumbawati, N. K., & Cahyani, G. (2023). Analisis Atribut Produk Sebagai Pertimbangan Konsumen Dalam Pembelian Sepeda Motor Honda Di Krida Sumbawa Besar. Samalewa: Jurnal Riset & Kajian Manajemen, 3(1), 66-77.

Supangkat, A. H., & Supriyatin, S. (2017). Pengaruh citra merek, kualitas produk, harga terhadap keputusan pembelian tas di intako. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen (JIRM), 6(9).

Susilo, J.H., Wuryaningsih and Kholilurrohman, M. (2019) ‘Perilaku gaya hidup generasi muda dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian’, Jurnal Investasi Islam, 4(1), pp. 1–18.

Tobing, R. P., & Bismala, L. (2015). Pengaruh citra merek dan periklanan terhadap keputusan pembelian polis asuransi. Jurnal Akuntansi Dan Bisnis: Jurnal Program Studi Akuntansi, 1(2).

Wibowo, P. S. (2021). Strategi Komunikasi Pemasaran Sharp Indonesia di Era Pandemi Covid-19 dan Kenormalan Baru. Jurnal Komunikasi Profesional, 5(1)




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v12i3.5689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.