PENGARUH PROMOSI TERHADAP MINAT BELANJA KONSUMEN PADA TOKOPEDIA DI KOTA TANGERANG

Zahra Zahra, Iwan Asmadi, Eneng Iviq Hairo Rahayu, Mety Titin Herawaty, Asep Dony Suhendra

Abstract


Perkembangan teknologi dan penggunaan internet yang begitu pesat mempengaruhi sendi-sendi kehidupan manusia. Salah satunya adalah adanya perubahan pola perdagangan yang konvensional kea rah perdagangan online atau yang di kenal e-commerce. Dimana Masyarakat dalam memenuhi kebutuhannya tidak harus dating kepasar maupun ke mall. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh promosi terhadap minat belanja konsumen pada salah satu e-commerce Tokopedia di kota Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis deskrripti kunatitatif dengan menggunakan data primer, dengan menggunakan metode non-probability sampling dengan Teknik incendental sampling yang ditujukan secara kebetulan bertemu dengan peneliti dapat digunakan sebagai sampel bila cocok dengan sumber data. Pengumpulan data menggunakan kuesioner skala linkert 5. Teknik analisa data menggunakan uji regresi linear berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai korelasi sebasar 0,712 dapat diartikan bahwa Promosi berpengaruh secara signifikan terhadap minat beli konsumen pada Tokopedia, dengan kontribusi promosi sebesar 50,6 yang dinyatakan dalam R Square terhadap minat beli konsumen. Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukan bahwa y = 0,491 + 0,223 X yang artinya setiap 1 angka untuk promosi, maka minat belanja konsumen pada tokopedia akan mengalami peningkatan sebanyak 0,223.

Full Text:

PDF

References


Alfian, A., Yentisna, & Ezizwita. (2023). The Effect of Trust Quality of Service And Promotion on Interest to Repurchase on Shopee E-commerce Sites (Case Study of Dharma Andalas University FEB Students). MENARA Ilmu, XVII(02), 145–162.

Asmadi Politeknik Tunas Pemuda Jl M Dahlan No, I. K., & Tangerang -Banten, R. (2017). Pengaruh Produk dan Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pelanggan. In Widya Cipta: Vol. I (Issue 2).

Astuti, M., & Amanda, A. R. (2020). Pengantar Manajemen Pemasaran. CV Budi Utama.

Azwar, S. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Dwinanda, Giri, & Nur Yuswari. (2020). Bauran Pemasaran 7P Dalam Mempengaruhi

Keputusan Pembelian Konsumen Pada Industri Retail Giant Ekspres Makassar.

Jurnal Mirai Management, 6 (No. 1), 120–135. Diambil dari

journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai/article/download/690/407

Hastuti, Maria Sri Widyanti Agatha, & Anasrulloh Muhammad. (2020). Pengaruh

Promosi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Ilmu Ekonomi dan Bisnis

(ECOBUSS), 6(No. 4), 99–101. Diambil dari

ejournal.upm.ac.id/index.php/ecobuss/article/view/622

Asmadi, I. (2019). Analisis Strategi Bisnis PT . Centrepark Citra Corpora di Teras Kota Mall Tangerang Selatan Business Strategy Analysis of PT . Centrepark Citra Corpora in Teras Kota Mall , South Tangerang PENDAHULUAN PT . Centrepark Citra Corpora sebagai objek penelitian. 8(2), 386–394.

Iwan Asmadi, G. (2023). Sistem Informasi Manajemen Dalam Organisasi. deepublish. https://deepublishstore.com/shop/buku-sistem-informasi-gopur/

Janah, Miftakul, & Urip Wahyuni Dewi. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga,

Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Dewi Hijab. Jurnal Ilmu dan

Riset Manajemen, 6(No. 4), 2–19. Diambil dari

jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/1462

Mareta, Z., Nugraha, J. P., Prayoto, P., Wartini, S., & Hamdani, H. (2021). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Konsumen Terhadap Minat Beli Belanja Online Melalui Media Sosial Edumina Mart Politeknik Kp Sidoarjo. Chanos Chanos, 19(1), 105. https://doi.org/10.15578/chanos.v19i1.9599

Mujiaty, Y., Asmadi, I., Novayanti, D., & Octafiany, H. (2022). Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Positioning Terhadap Pembelian Produk Chocolatos Pt Garudafood Jakarta. Jurnal Dimensi, 11(2), 338–345. https://doi.org/10.33373/dms.v11i2.3976

Nova, I., Ningtyas, A., Setyawati, S. M., & Luhita, T. (2023). Jurnal Ekonomi, Bisnis dan Akuntansi (JEBA) Volume 25 No 2 Tahun 2023 Analisis Pengaruh Electronic Word of Mouth dan E-Servicescapes terhadap Kepercayaan Konsumen dan Minat Beli Online (Studi pada Pengguna E-commerce Shopee). 25(2), 77–87.

Pattikawa, S. N., & Hasan, G. (2023). Pengaruh Kepercayaan Dan Minat Repurchase Terhadap Perilaku Konsumen Dalam Berbelanja Di E-Commerce Kota Batam. Technomedia Journal, 8(1 Juni), 52–66. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i1.1938

Rosdiana dan Haris, 2018. Pengaruh Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Produk Pakaian Secara Online. Jurnal Management Pemasaran. Vol. 3 No.2

Saebah, N., & Layaman. (2020). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir Terhadap Impulse Buying Dengan Flash Sale Sebagai Variable Intervening Pada E-Commerce Shopee. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 11(1), 11–20. https://journal.ikopin.ac.id

Suharfin, Putriana. (2018). Analisis Faktor Yang Mendorong Belanja Online Pada

Mahasiswa Di Kota Medan. Medan. Diambil dari

http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/2292

TABANAN Gusti Agung Diah Pradnya Putri, D. I., Dwi Kurniawan, A., Ketut Ribek, P., Verawati, Y., & Luh Gede Putu Purnawati, N. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Minat Belanja Pada Usaha Kopi. Jurnal Bakti Saraswati, 11(02).

Tauhid, K., Ashfiyah, S., Ekonomi, F., Bogor, U. D., & Bogor, K. (2023). STRATEGI LIVE STREAMING TERHADAP MINAT BELI DAN. 2, 1430–1441.

Wardani, Sari, D. P., Istining, T. 2020. “Pengaruh Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online Di Situs E-Commerce Shopee”, Jurnal Aplikasi Bisnis.” Jurnal Aplikasi Bisnis 6(1): 81–84

Widodo, S. (n.d.). Pengaruh Promosi dan Kemanan Berbelanja Terhadap Minat Beli Konsumen pada Situs Belanja Online Blibli . com di Kota Batam. 1–11.

Wulandari, T. M., Haryanti, I., Kunci, K., Keyakinan, K. ;, & Pembelian, K. (2022). the Effect of Easy and Confidence Using E-Commerce on Online Purchase Decisions (Case Study on Using Shopee). 11(November), 477–496. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms

Zahra, Iwan Asmadi, Lela Elvira, C. (2020). PENGARUH CITRA MEREK PRODUK KACAMATA TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN PADA OPTIK CIREBON EYE CENTER. Jurnal AKRAB JUARA, 5(4), 28–37. https://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/1259/1108




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v1i1.5849

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.