ANALISIS PENGARUH PRODUK, HARGA DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MINYAK GORENG

Petra Paulus Tarigan

Abstract


Menganalisis Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Hayat pada PT. Sinergi Minyak Nusantara. Survey ini kami buat untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap keputusan pembelian minyak goreng Hayat dari PT. Sinergi Minyak Nusantara di Acc Mart. Kami menggunakan 2 (dua) jenis pengumpulan data untuk survei ini, yaitu data primer dan data sekunder. Data diambil dari 50 koresponden yang berkunjung di Acc mart. Data diambil dengan metode kuisioner, dan data tersebut diolah dengan SPSS for windows 22. Metode yang digunakan adalah metode Analisis Kuantitatif yaitu dengan menganalisis data uji (uji asumsi klasik, metode regresi linier berganda dan uji hipotesis) Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel harga mempunyai pengaruh. namun tidak signifikan, ditunjukkan thitung sebesar 0,363 dengan signifikansi 0,718 sebagian besar lebih tinggi dari 0,05. Sedangkan produk dan promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian, yaitu thitung sebesar 2,588 dengan signifikansi 0,013 lebih kecil dari 0,05 untuk variabel produk dan thitung 3,600 dengan signifikansi 0,001 lebih kecil dari 0,05 untuk variabel promosi. Kami menguji pengaruh variabel independen secara bersama-sama terhadap variabel dependen lainnya dengan uji F dengan batas signifikan lebih rendah atau lebih tinggi dari 0,05. demikian hasil statistik menunjukkan uji F dengan nilai batas = 16,036 signifikan 0,000 dengan hasil ini menunjukkan bahwa uji berpengaruh terhadap hipotesis secara simultan. Kualitas Produk, keterjangkauan harga dan teknik promosi harus terus ditingkatkan agar perusahaan mempunyai citra yang baik di mata konsumen/pembeli/pengguna, hal ini untuk menjaga opini yang baik di masyarakat.

Keywords


Produk; Harga; Promosi; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Buchari Alma. (2017) Managemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Cetakan Ketujuh. Bandung: Alfabeta.

Cw80, (2013) Komisi Pengawas Persaingan Usaha, Laporan Evaluasi dan Kajian Dampak Kebijakan Persaingan Terkait dengan Industri Minyak Goreng Sawit. Harian Haluan Kepri, 4 November 2013, Batam.

Danang Sunyoto. (2014) Dasar-Dasar Manajemen Pemasaran, Cetakan Ketiga, Yogyakarta : CAPS.

Dheany Arumsari. (2012) Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Air Minum. http://www.eprints.undip.ac.id Diakses 10 Februari 2012.

Ericson Damarrik. (2014) Pengertian Perilaku Konsumen. http://www.ondyx.blogspot.com Diakses 1 Februari 2014.

Etta Mamang Sangadji, Sopiah. (2013) Perilaku Konsumen, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Andi Offset.

Henry Simamora. (2016) Manajemen Pemasaran International, Cetakan Pertama, Jakarta: Salemba Empat.

Philip Kotler, Gary Amstrong. (2015) Dasar – Dasar Pemasaran. Edisi Kesembilan Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

Philip Kotler, Kevin Lane Keller. (2015) Managemen Pemasaran. Edisi Keduabelas Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks.

NN. (2011) Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Pengambilan Keputusan Pembelian suatu Produk. http://www.blogapaajadeh.wordpress.com Diakses 18 Oktober 2011.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v11i3.5898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.