KURANGNYA KONTROL DIRI SISWA DI LINGKUNGAN SMK NEGERI 2 BATAM

Junierissa Marpaung

Abstract


Berbagai permasalahan yang sering muncul dalam kehidupan ini banyak diakibatkan oleh ketidakmampuan seseorang dalam mengendalikan emosinya. Perkembangan kontrol diri pada dasarnya sejalan dengan bertambahnya usia seseorang. Semakin dewasa diharapkan mempunyai kontrol diri yang lebih baik dibanding saat remaja dan anak-anak. Pengendalian diri sangatlah dibutuhkan oleh siapa saja, karena dengan adanya kontrol diri yang baik memiliki peran dalam menunjukkan siapa diri kita. Kemudian sejauhmana siswa mampu menyesuaikan dirinya di lingkungan sekolah.

            Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mencari, menganalisa gambaran tentang kurangnya control diri siswa di lingkungan SMK Negeri 2 Batam. Sumber Data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ada 1 orang dengan 3 orang sebagai informan penelitian.

            Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penyebab siswa kurang dalam mengontrol dirinya dan dampak yang ditimbulkannya di lingkungan sekolah sehingga siswa tidak efektif dalam menjalani kegiatannya di sekolah karena emosi yang tidak terkontrol.

 


Full Text:

PDF

References


Anggia Meytasari. (2013). Kontribusi Kontrol Diri terhadap Kedisiplinan Siswa di Sekolah dan Implikasinya bagi Program BK. Skripsi (Tidak diterbitkan). Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Djam’an Satori. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Nitha Luthfia. (2007). Hubungan Kontrol Diri dengan Motivasi Berprestasi Siswa SMAN 1 Sutojayan. Skripsi (Tidak diterbitkan). Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Malang.

Poerwandari. (2007). Pendekatan Kualitatif untuk Penelitian Perilaku Manusia. Jakarta. Perfecta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sofia Ratnawati, dkk. (1998). Efektivitas Pelatihan Kontrol Diri terhadap Peningkatan Penerimaan Diri dan Harga diri. Jurnal Psikologi. 1998.

Yuniar Rachdianti. (2011). Hubungan antara Self Control dengan Intensitas Penggunaan Internet Remaja. Skripsi (Tidak diterbitkan). Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Ratna Wahyuningsih. (2008). Hubungan antara Konsep Diri dan Kontrol Diri dengan Perilaku Seksual Pranikah pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Malang. Skripsi (Tidak diterbitkan). Malang: Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri.

Liliyana Sari. (2013). Pengaruh Kontrol Diri terhadap Perilaku Cyberloafing pada Pegawai perpustakaan. Skripsi (Tidak diterbitkan). Medan: Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.60

Refbacks

  • There are currently no refbacks.