ANALISIS PROGRAM CSR PT.PLN (PERSERO) TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA MASYARAKAT DISABILITAS RUMAH PRODUKSI BATIK CIPRAT  YAYASAN PUCUNG MANDIRI SEJAHTERA,DESA PUCUNG,KECAMATAN KISMANTORO,WONOGIRI

Inge Klarita Rossy, Sri Hartono, Ida Aryati Dyah

Abstract


Citra sangat penting bagi perusahaan karena didalamnya terdapat kesan yang akan terbentuk pada presepsi masyarakat tentang suatu Perusahaan yang  selalu dibangun dan dijaga dengan benar. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk. Mengetahui pengaruh dari pemberdayaan, komunikasi, dan kemitraan terhadap citra perusahaan PT.PLN (Persero) pada Masyarakat disabilitas. Penelitian ini menggunakan Pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dokumentasi, wawancara, dan tinjauan kepustaka. Data penelitian yang digunakan data primer dari jawaban kuesioner dan data sekunder seperti jurnal. Untuk Uji instrument. menggunakan uji validitas dan reabilitas. Uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda,uji hipotesis dan koefisien determinasi (R2)di pergunakan untuk analisis data. Populasi penelitian ini terdiri dari masyrakat penayandang disabilitas yang berada di Yayasan pucung mandiri sejahtera yang berjumlah 50 responden. Teknik sampling sensus digunakan saat pengambilan sampel responden menggunakan semua Masyarakat disabilitas yang terdampak program CSR terdapat pada Yayasan pucung mandiri sejahtera dengan batas usia responden...20-56 tahun. Hasil analisis penelitian  dalam Uji F menunjukkan bahwa pemberdayaan,komunikasi, kemitraan berpengaruh secara simultan terhadap citra perusahaan. Hasil analisis uji t menerangkan bahwa variabel pemberdayaan mempunyai dampak yang positif serta signifikan pada citra perusahaan. hasil uji t kedua menyatakan variabel komunikasi mempunyai dampak positif dan signifikan terhadap citra perusahaan. hasil uji t ketiga menjelaskan bahwa kemitraan mempunyai dampak yang positif serta signifikan pada citra perusahaan.

Keywords


Company image,Empowerment,Communication,Partnership

Full Text:

PDF

References


Arum, M. P., & Susanto, I. (2022). PERAN ASPEK KOMUNIKASI PADA PROGRAM CORPORATE VOLUNTEERING TERHADAP CITRA PERUSAHAAN DAN LOYALITAS. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 11(6), 1255. https://doi.org/10.24843/ejmunud.2022.v11.i06.p10

Effendy, O. U. (2015). Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi. PT. Citra Aditia Bakti.

Erlistyarini, yulinda. (2022). Implementation of The Corporate Social Responsibility Program of PT. Adaro Indonesia as a Community Empowerment Effort. Management, 1–8.

Ettinger, A., Grabner-Kräuter, S., Okazaki, S., & Terlutter, R. (2021). The Desirability of CSR Communication versus Greenhushing in the Hospitality Industry: The Customers’ Perspective. Journal of Travel Research, 60(3), 618–638. https://doi.org/10.1177/0047287520930087

Fatmawati, E., Ruliana, P., Ernungtyas, N., & Irwansyah, I. (2020, January 15). Corporate Communication Management Through The Corporate Social Responsibility Program In Developing Image And Reputation Of The Company. https://doi.org/10.4108/eai.9-10-2019.2291073

Fitriadi, S. (2020). Corporate Social Responsibility, Social and Community Development Program as the Implementation of Gcg at PT PLN (Persero). 1(1). https://doi.org/10.38035/jafm.v1i1

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. . Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Irawan, B. I., & Azis, E. (2022). Pengaruh Program Corporate Social Responsibility “Bring Back Our Bottle” Terhadap Citra Perusahaan The Body Shop (Survey pada Konsumen The Body Shop). SEIKO : Journal of Management & Business, 5(2). https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i2.2228

Karballa, F. Z., & Sarwoprasodjo, S. (2019). Hubungan Strategi Komunikasi Corporate Social Responsibility dengan Pembentukan Citra Perusahaan. Jurnal Sains Komunikasi Dan Pengembangan Masyarakat [JSKPM], 2(6), 773–782. https://doi.org/10.29244/jskpm.2.6.773-782

Khuong, M. N., Truong an, N. K., & Thanh Hang, T. T. (2021). Stakeholders and Corporate Social Responsibility (CSR) programme as key sustainable development strategies to promote corporate reputation—evidence from vietnam. Cogent Business and Management, 8(1). https://doi.org/10.1080/23311975.2021.1917333

Sari, A. K., Sugiarto, M., & Budiarto. (2020). Seminar Nasional dalam Rangka Dies Natalis ke-44 UNS Tahun 2020 “Strategi Ketahanan Pangan Masa New Normal Covid-19” Pengaruh Program Komunikasi melalui Edukasi Pertanian Guna Membangun Citra Perusahaan. 4(1).

Mardhatillah, I., & Azis, E. (2018). ANALISIS PENGARUH PROGRAM CSR TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PT TELEKOMUNIKASI INDONESIA (Studi Kasus Program Kemitraan PT Telkom Witel Padang Tahun 2016).

Naufaldi, L., & Syarief Hidayatullah, D. (2019). PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY MELALUI POLA KEMITRAAN MASYARAKAT TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA PT TRI-WALL INDONESIA DI KAMPUNG CIBUNGUR DESA NAGASARI, KECAMATAN SERANG BARU, KABUPATEN BEKASI.

Noor rifadin, Tandirerung, Y. T., & Hasanah, A. A. P. (2020). IMPLEMENTASI CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MEMPERTAHANKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT PUPUK KALTIM. Eksis, 16.

Oscar, B., & Gianina, M. (2021). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONCIBILITY TERHADAP CITRA PERUSAHAAN JNE CABANG UTAMA PURWAKARTA. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran, 11(1).

Qonaah, S. (2018). Implementasi Corporate Social Responsibility PT PLN Distribusi Jawa Tengah Dalam Pemberdayaan Masyarakat Dan Lingkungan Melalui Program “PLN PEDULI.” Komunikasi, 9, 46–52. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jkom

Rahmatullah, & Inanna. (2023). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DIFABEL MELALUI PENDEKATAN SOSIAL ENTREPRENEURSHIP (Tahta Media, Ed.). CV TAHTA MEDIA GROUP.

Risqi, K. F., Warnaen, A., & Prasetyo, H. (2021). Strategi Pemberdayaan Kelompok Ternak melalui Progam Kemitraan dan Bina Lingkungan PT Petrokimia Gresik Strategy Empowerment Group Cattle through Progam Partnership and Build Environment PT Petrokimia Gresik. In | Jurnal Agriekstensia (Vol. 20, Issue 2).

Rizky, D., Nurjanah, P. :, Konsentrasi, M. S., Masyarakat-Jurusan, H., & Komunikasi, I. (2019). PENGARUH PROGRAM CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP CITRA PT.PLN (PERSERO) AREA PEKANBARU BAGI MASYARAKAT KECAMATAN LIMAPULUH KOTA PEKANBARU. In JOM FISIP (Vol. 6).

Rosady ruslan, S. M. (2016). manajemen public relations & media komunikasi (R. Ruslan, Ed.; Cetakan ke-13). Rajawali Pers.

Sartika, & Ikbal Rachmat. (2023). STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN PADA PT. TELKOMSEL TBK Sartika, Ikbal Rachmat. Jurnal Sosial Dan Sains, 3. http://sosains.greenvest.co.id

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyoko, A. (2023). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI KAUM DISABILITAS DALAM PEMILU DI INDONESIA. Journal of Law and Nation (JOLN), 2(1), 40–49




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i1.6045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.