PENGARUH VARIASI PRODUK, PROMOSI PENJUALAN DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI APLIKASI E-COMMERCE SHOPEE (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta)

Bayu Aji Budiharjo, Ida Aryati, Siti Maryam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh variasi produk, iklan penjualan, serta kualitas layanan terhadap keputusan pembelian pada aplikasi online commerce Shopee (studi kasus pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta). Peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif dengan instrumen angket penelitian, analisis data statistik untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan sebagai tujuan akhir. Penelitian ini juga menggunakan 414 mahasiswa aktif Program Studi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta yang diperoleh dari BAAK (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) sebagai populasi. Untuk memudahkan perhitungan, peneliti menggunakan 105 siswa sebagai responden penelitian. Teknik pengambilan sampelnya adalah purposive sampling. Peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda. Kesimpulannya, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan luar biasa secara bersamaan dari variabel independen yaitu variasi produk, iklan penjualan dan kualitas layanan yang secara bersamaan mempunyai pengaruh yang luar biasa terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi e-commerce Shopee (studi kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta). Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa variasi produk, iklan penjualan dan kualitas pelayanan mempunyai pengaruh positif dan besar terhadap keputusan pembelian melalui aplikasi komersial online shopee (studi kasus Mahasiswa Program Studi Manajemen Universitas Islam Batik Surakarta).
Kata Kunci : Variasi Produk, Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan dan Pembelian
Keputusan.

Keywords


Kata Kunci : Variasi Produk, Promosi Penjualan, Kualitas Pelayanan dan Pembelian Keputusan

Full Text:

PDF

References


Afandi, P. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia. Pekan Baru: Zanafa Publishing.

Alma, B. (2018). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anggriani, N. L., & Hamali, A. Y. (2020). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Handuk Pada PT Tatapusaka Sentosa Textile Mills Bandung. HAMALI, 3, 14 -29.

Arikunto, S. (2020). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cahya, A. D., Andrian, R., Ramadhani, R. C., & Dwijayanti, E. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Roti Bakar 97). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 5, 175-183.

Darma, W. S., Leksono, P. Y., & Ratnanto, S. (2018). Analysis Store Atmosphere, Product Quality, Service Barista At Coffee Shop Koloni Kopi Kediri. Simki- Economic, Vol.2 No.5, Hal.1-13.

Faradila, S. M., Kusnadi, E., & Soeliha, S. (2022). Pengaruh Keragaman Produk, Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Shopee Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Abdurachman Saleh Situbondo Dengan Minat Beli Produk Fashion Muslim Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), Vol. 1, No. 1, 273-288.

Ghozali, I. (2019). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS.

Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Gultom, N. C., Tamengkel, L. F., & Punuindoong, A. Y. (2022). Pengaruh Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian pada Kedai Ingat Kopi Kota Sorong. Productivity, 3, 384-389.

Hasibuan, S. (2016). Sumber Daya Manusia. Jakarta: Haji Masagung.

Irwana, & Purnama, I. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Pada Aisy Drink Kota Bima. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5, 449-457.

Istiatin, & Sudarwati. (2021). Metodologi Penelitian. Surakarta: Islam Batik University UNIBA PRESS.

Kaawoan, N. Y., Tawas, H. N., & Kawet, R. C. (2022). The Effect Of Product Diversity, Price Perception, And Promotional Strategy On Consumer Purchase Decisions (Study On Minimal Ladis Products In Matahari Megamall Manado). Jurnal EMBA, 10, 510-520.

Kojongian, A. S., Tumbel, T. M., & Walangitan, O. (2022). Pengaruh Variasi Produk dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Careofyou.id pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Administrasi, 3, 157-161.

Kotler, & Keller. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks.

Limakrisna, N., & Purba, P. T. (2017). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Mitra Wacana Media.

Mbete, G. S., & Tanamal, R. (2020). Effect of Easiness, Service Quality, Price, Trust of Quality of Information, and Brand Image of Consumer Purchase Decision on Shopee Online Purchase. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 5, 100-110.

Mu’tashim, M. I., & Slamet, A. S. (2019). The Effect of Product Quality and Service Quality on Costumer Satisfaction (A Case Study of Coffee Shops in Bogor City). Jurnal Manajemen dan Organisasi (JMO), Vol.10 No.2, Hal.118-132.

Patmala, H. S., & Fatihah, D. C. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di UKM Mart Kartika Widya Utama. JIMEA Jurnal Ilmiah MEA (Manajemen, Ekonomi, dan Akuntansi), 5, 1154-1170.

Peburiyanti, D., & Sabran . (2020). Pengaruh Promosi Penjualan, Variasi Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Pada Butik Kanabini Di Tenggarong. JEMI, 20, 29 - 39.

Polla, F. C., Mananeke, L., & taroreh, R. N. (2018). Analysis Of The Influence Of Price, Promotion, Location And Services Quality On Purchase Decisions In Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Jurnal EMBA, Vol.6 No.4, 3068 – 3077.

Safitri, A. N., & Basiya, R. (2022). Pengaruh Brand Image, Lifestyle, dan Promosi Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian di Toko 3Second. YUME : Journal of Management, 5, 450 - 458.

Sunyoto. (2018). "Dasar-dasar manajemen pemasaran (konsep,strategi,dan kasus) Edisi ketiga". Jakarta: CAPS (Center Academic publishing Service).

Susanti, T., & Susanti, D. N. (2021). Pengaruh Citra Merek, Variasi Produk dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Lipstik Wardah (Studi pada Konsumen Pengguna Lipstik Wardah di Kabupaten Kebumen). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3, 1157-1167.

Tjiptono. (2017). Pemasaran Jasa. Andi Offset: Yogyakarta.

Wardhani, F. K., & Dwijayanti, R. (2021). Pengaruh Store Atmosphere dan Keragaman Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan: Studi Pada Pelanggan Coffee Shop Rustic Market Surabaya. Jurnal Sains Sosio Humaniora, 5,510-521.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i1.6054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.