ETERMINAN KEPUTUSAN PEMBELIAN BATIK DI BATIK BENGAWAN KAMPUNG BATIK LAWEYAN SURAKARTA DETERMINANTS OF BATIK PURCHASE DECISIONS IN BATIK BENGAWAN KAMPUNG BATIK LAWEYAN SURAKARTA

Adella Friansyah Hartono, Ida Aryati Diyah, Supawi Pawenang

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh kualitas produk, store atmosphere dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Batik Bengawan di Kampung Batik Laweyan Surakarta. Menganalisis pengaruh kualitas produk terhadap keputusan pembelian pada Batik Bengawan di Kampung Batik Laweyan Surakarta. Menganalisis pengaruh store atmosphere terhadap keputusan pembelian pada Batik Bengawan di Kampung Batik Laweyan Surakarta. Menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian pada Batik Bengawan di Kampung Batik Laweyan Surakarta. Populasi adalah konsumen Batik Bengawan di Kampung Batik Laweyan Surakarta dan sampel yang diteliti sebanyak 100 respoden sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling. Menurut penelitian, berbagai faktor yang berkaitan dengan kualitas suatu barang mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Keputusan mengenai apa yang akan dibeli sangat dipengaruhi oleh Variabel store. Variabel kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Nilai Adjusted R2 sebesar 0,560 adalah hasil dari uji koefisien determinasi (R2). Hasil pengujian ini mengindikasikan bahwa variabel kualitas produk, store atmosphere mampu menjelaskan variabel keputusan pembelian sebesar 56,0%. Sementara hasil 44,0% adalah hasil dari variable luar dari objek penelitian ini.

Kata Kunci : Kualitas Produk, Store Atmosphere, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian

ABSTRACT

This research aims to analyze the influence of product quality, store atmosphere and service quality on purchasing decisions at Batik Bengawan in Kampung Batik Laweyan Surakarta. Analyzing the influence of product. Quality on purchasing devisions at Batik Bengawan in Kampung Batik Laweyan Surakarta. Analyzing the influence of store atmosphere on purchasing decisions Batik Bengawan in Kampung Batik Laweyan Surakarta. Analyzing the influence of service quality on purchasing decisions at Batik Bengawan in Kampung Batik Laweyan Surakarta.The populations is Bengawan Batik consumer in Laweyan Batik Village, Surakarta and the sample studied was 100 respondents, while the sampling technique used accidental sampling. The research results prove that product quality variables have a significant effect on purchasing devisions. The store atmosphere variable has a significant effect on purchasing devisions. The service quality variable has a significant effect on purchasing devisions. The results of testing the cooefficient of determinations (R2) obtained an adjusted R2 value of 0,560. The results of this use indicate that the product quality variable, store atmosphere is able to explain the purchasing decisions variable by 56,0%. Meanwhile, the remaining 44,0% is due to other variables outside this research model.

Kata Kunci : Product Quality, Store Atmosphre, Service Quality and Purchasing Decisions.

Full Text:

PDF

References


Ardianti & Widiartanto, 2019. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan pelanggan (Survei Pada Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 51 (02).

Chirstian, & Sandro. 2018. Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian: peran minat beli sebagai variabel moderating. Jakarta: Gramedia.

Indrasari, 2019. Pemasaran & Kepuasan Pelanggan. Surabaya 60283 Jawa Timur, Indonesia.

Indriastuty. N., Hadiyanto. D., dan Juwari. 2017. Store atmosphere Mempengaruhi Keputusan Pembelian Pada Retailer Giant Ekstra Balikpapan. SNAPER EBIS. halaman 269-283.

Lasander, 2013. Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Makanan Tradisional. Jurnal EMBA Vol. 1. No. 3 September 2013. ISSN 2303-1174.

Levi, & Weitz. 2009. Retailing Management. New York: McGraw Hill.

Lubis. 2015. Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Surat Kabar pada PT. Suara Barisan Hijau. Harian Orbit Medan. 16(02), 1–11.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tantowi, A. I., & Pratomo, A. W. 2020. Pengaruh Store atmosphere dan Experiential Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Di Kopi Daong Pancawati. Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan, 8(2), 65–78. https://doi.org/10.37641/jimkes.v8i2.328.

Utami, Christina Whidya. 2017. Manajemen Ritel Strategi dan Implementasi Ritel Modern. Jakarta: Salemba Empat.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i1.6102

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.