PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, KOMPETENSI, KREATIFITAS, DAN MOTIVASI TERHADAP KINERJA GURU

Linda Sepiana, Zulkifli Zulkifli, Ramon Zamora, Widodo Ismanto, T. Munzir, Zrini Alfira, Nur Faizah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Gaya Kepemimpinan, Kompetensi, Kreativitas, dan Motivasi terhadap Kinerja Guru. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMK Plus Kemilau Bangsa Batam, yang berjumlah 67 orang guru. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui penyebaran kuisioner (angket) yang telah diuji validitas dan rehabilitasnya. Data penelitian ini diolah menggunakan software program SPSS 26. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial variabel Gaya Kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, Kompetensi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, Kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru, dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru. Hasil penelitian secara simultan menunjukan bahwa Gaya Kepemimpinan, Kompetensi, Kreativitas, dan Motivasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kinerja Guru.

Keywords


Gaya Kepemimpinan; Kompetensi; Kreativitas; Motivasi; Kinerja Guru

Full Text:

PDF

References


Caksana.M.P.E (2019). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru dengan Motivasi Kerja sebagai Variabel Intervening pada SMAN 1 Tulungagung. Jurnal Penelitian Manajemen Terapan (PENATARAN) Vol. 4 No. 1 (2019) hlm. 82-92

Edison, Emron, Rahmat.P (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: CV. Alfabeta.

Fahmi, I (2015). Manajemen Kinerja. Bandung: CV.Alfabeta

Ghozali, I (2018). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Guterres L.A, Supartha W.G (2016). Pengaruh Gaya Kepemimpinan Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana 5(3): 429-454

Hafid,M (2017). Pengaruh MotivasiI dan Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah dan Madrasah di Lingkungan Pondok Pesanteren Salafiyah Syafiyah Sukorejo. JPII Volume 1, Nomor 2, April 2017.

Haki U (2021). Pengaruh Kompensasi dan Kebutuhan Aktualisasi Diri Terhadap Prestasi Kerja Guru di MA AL Khairiyah Pontang Kabupaten Serang. Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Bina Bangsa Volume 1 Nomor 1 Januari 2021

Hasibuan (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Bumi Aksara

Kasmur.R, Riyanto , Sutanto.A. 2021. Pengaruh Kreativitas dan Profesionalisme Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Pertama Negeri di Kecamatan Trimurjo Kabupaten Lampung Tengah. Jurnal Humaniora dan Ilmu Pendidikan (Jahidik) Vol 1, No 1, 2021

Pemerintah Republik Indonesia (2003). Undang-undang No.20 tentang Sistem Pendidikan Nasional

----------- (2005). Undang No.14 tentang Guru dan Dosen

----------- (2009) Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No.16 tentang Jabatan Fungsional Guru dan Angka Kreditnya

Purnomo. E, Saragih H.J.R (2016). Teori Kepemimpinan Dalam Organisasi. Jakarta:Yayasan Nusantara Bangun Jaya

Rohman,H (2020). Pengaruh Kompetensi Guru Terhadap Kinerja Guru Sekolah Menengah Atas Yayasan Karsa Madya, Tanjungsari, Sumedang Jawa Barat, Indonesia. Jurnal MADINASIKA Manajemen dan Keguruan Vol. 1 No. 2, April 2020.

Sari H.P, Murtadlo, Basuki.I (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Insentif Terhadap Kinerja Guru SMA. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, Volume 33 Issue 1. April 2019.

Sugiyono (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sumarsono (2014). Pengukuran kinerja Guru Dalam Perspektif Manajemen Perubahan. Jakarta: Alphabeta

Wibowo (2014). Perilaku Dalam Organisasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Zebua,S.N, Siahaan.E , Erlina (2021). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kreativitas, dan Kemampuan Menyesuaikan Diri terhadap Kinerja Guru SMA. Jurnal Ilmu Pendidikan, Volume 3 Nomor 6 Tahun 2021 Halm 3509 - 3519




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v13i1.6224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.