PENGARUH PARKIR PADA BADAN JALAN TERHADAP KAPASITAS JALAN

Dian Hastari Agustina

Abstract


Tingkat pelayanan jalan sangat dipengaruhi oleh kapasitas dan arus lalu lintas yang ada.  Penambahan sarana fisik jalan secara terus menerus jelas sulit dilaksanakan karena besarnya dana yang dibutuhkan dan juga keterbatasan lahan yang ada, sedangkan pertumbuhan lalu lintas dari tahun ke tahun cenderung menunjukkan peningkatan.  Jika jumlah kepemilikan kendaraan sekitar 0,1 mobil per rumah tangga yang mungkin masih akan mengalami peningkatan yang berarti pula akan terjadi kenaikan arus lalu lintas di masa mendatang. Tulisan  ini difokuskan pada pengaruh parkir pada badan jalan terhadap kapasitas jalan untuk menentukan tingkat pelayanan yang terjadi, dilaksanakan pula pengamatan volume kendaraan yang parkir pada badan jalan dan pengaruh sudut parkir kendaraan yang berkaitan dengan pengurangan lebar perkerasan jalan.  Diharapkan dapat memberikan masukan dan solusi terhadap masalah yang berkaitan dengan pengaturan lalu lintas dan parkir pada untuk menghindari gangguan lalu lintas dan kembali memfungsikan jalan sesuai statusnya sebagai jalan Arteri Primer.  


Full Text:

PDF

References


Anonim, 1996, Manual Kapasitas Jalan Indonesia, Direktorat Pembinaan Jalan Perkotaan, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Anonim, 1988, Standar Perencanaan Geometrik untuk Jalan Perkotaan, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga, Jakarta.

Anonim, 1996, Pedoman Teknis Penyelenggaraan Fasilitas Parkir, No.272/HK.105/JRD/96, Departemen Perhubungan, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Jakarta.

Anonim, 1965, Highway Capacity Manual, Highway Research Board, Special Report 87, Washington D.C. USA.

Ang, A.H.S., dan Tang, W.H., 1992, Konsep-konsep Probabilitas dalam Perencanaan dan Perancangan Rekayasa, Penerbit Erlangga Jakarta.

Ashley, C., 1994, Traffic and Highway Engineering for Developments, Blackweel Scientific Publications, Oxford, England.

Diktat Kuliah, 1996, Teknik Lalu Lintas, mata kuliah Teknik Lalu Lintas.

Hobbs, F.D., 1995, Perencanaan dan Teknik Lalu Lintas, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Malkhamah, S., 1994, Survei, Lampu Lalu Lintas dan Pengantar Manajemen Lalu Lintas, Biro Penerbit KMTS FT UGM.

Matson, T.M., Smith, W.S., Hurd, F.W.,1955, Traffic Engineering, Mc.Graw-Hill Book Company, USA.

Oglesby, C.H., dan Hicks, R.G., 1993, Teknik Jalan Raya, Penerbit Erlangga, Jakarta.

Sukirman, S., 1992, Dasar-dasar Geometrik Jalan, Penerbit Nova, Bandung.

Wells, G.R., 1993, Rekayasa Lalu Lintas, Penerbit Bhratara, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v5i3.65

Refbacks

  • There are currently no refbacks.