PENGUKURAN TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS BERBASIS WEB MENGGUNAKAN SOFTWARE SMART PLS ( Studi Kasus UNRIKA Batam )

Toni Kusuma Wijaya

Abstract


Penelitian ini difokuskan pada kesuksesan sebuah sistem informasi yang digunakan oleh universitas untuk kepentingan mahasiswanya antara lain mengengenai tentang institusi universitas, akademik,  kemahasiswaan, penelitian, info kegiatan kampus dan lain sebagainya. Sebagai objek  penelitian ini studi kasus di UNRIKA Batam dengan sistem informasi universitas yang menggunakan Teknologi Informasi (IT) Komputer bebasis web, dengan situs http//www.unrika.ac.id. Kesuksesan sebuah sistem informasi dapat diukur  dari kepuasan para penggunanya .Guimaraes et al (2003).

Hasil model pengukuran (measurement model) dan pengujian model struktural (structural model) dari teknik PLS terhadap Model 1 dan Model 2 dengan menggunakan alat bantu software SmartPLS versi 2.0 M3 , menunjukan bahwa  kualitas informasi dari sistem  informasi universitas berbasis web di UNRIKA Batam, memberikan pengaruh positif dan reliable   terhadap    kepuasan    pemakai    (mahasiswa)   sebagai pengguna sebesar 0,763      ( 76,3 %) pada  Model 1 dan sebesar 0,768 (76,8 %) pada Model 2 .


Full Text:

PDF

References


Anderson, J. C. dan Gerbin, D. W. 1988.”Structural Equation Modeling in Practice : A Review and Recommended Two-Strep Approach”

Psychological Bullettin. Vol. 103. 411-423

Alavi, M. Wheeler, B. C.,dan Valacich, 1995 “Using IT to Reengeneer Businees Education: An Exploratori Investigation of Colaborative Telelearning”

Management Information System Quarterly. (19:3),pp 293-312

Alter, S. March 1999 ”A General, yet Useful Theory of Information System”

Communications of AIS, (1:13)

Bagozzi, R. P. 1982. The Role of Maesurement in Theory Contruction and Hipothesis Testing: Toward a Holistic Model.

In a Second Generation of Multivariate Analisys.Vol. 1, C Fornel. Ed. New York. Preager. 5-23

Bailey, J.E., dan Pearson, S. W. May 1983 ”Development of a Tool for Measuring and Analisyng Computer User Satisfaction”

Management Science, (29:5). Pp. 530-545.

Barclay, D., D, Higgins, C. dan Thomson, R. 1995 ”The Partial Least Square (PLS) Approach to Causal Modelling: Personal Computer Adoption and Use as an Illustrastion,

Technology Studies. (2). Pp. 285-309.

Chin, W. W. 1998. ”The Partial Least Square Aproach for Structural Equation Modelling. In Marcoulides, GA. (Ed).

Modern Method for Business Research. Mahwa. NJ. Erlbaum.

DeLone, W, dan McLean, E.R.2003 ”The DeLone and McLean Model of Information System Succes: a ten-Year Update Journal of Management Information System, (19,:4), pp.

Guimaraes, Tor Sandy D Staples. dan James D Mckeen 2003 ”Empirically Testing Some Main-User Related Factor for System Development Quality”

The Quality Management Journal. ABI/INFORM Global.

Jogianto. H. M. 2007 ”Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi” C.V. Andi Offset. Yogyakarta 55281

Imam Ghozali, 2006 ”Structural Equation Modeling : Metode Alternatif dengan Partial Leat Square” Badan Penerbit Universitas Diponegoro. IBN : 979.704.250.9. Semarang




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i1.75

Refbacks

  • There are currently no refbacks.