INDEKS KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP PELAYANAN RUMAH SAKIT BUDI KEMULIAAN BATAM

Rizky Eka Putra

Abstract


Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam merupakan salah satu rumah sakit terbesar di Batam yang berperan utama didalam meningkatkan tingkat kesehatan masyarakat. Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam (RSBK) Batam mengemban tugas dan tanggung jawab yang sangat berat, disamping mengemban tugas peningkatan kesehatan masyarakat berdasarkan undang-undang kesehatan, Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam juga dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, murah dan nyaman, sehingga memberikan kepuasan masyarakat. Rumusan Masalah dari penelirtian ini adalah berapa indeks kepuasan keluarga pasien terhadap kualitas pelayanan Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam. Untuk melihat seberapa besar kepuasan keluarhga pasien terhadap pelayan kulaitas pelayanan maka prinsip pelayanan sebagaimana telah ditetapkan dalam Keputusan Men.PAN Nomor : 63/KEP/M.PAN/7/2003, yang kemudian dikembangkan menjadi 14 unsur yang “relevan, valid” dan “reliabel”, sebagai unsur minimal yang harus ada untuk dasar pengukuran indeks kepuasan masyarakat. Sebuah jasa akan berkaitan sekali dengan pelayanan. Jika sebuah pelayanan bagus maka identik dengan hasil jasanya yang bagus, meskipun belum tentu pelayanan bagus jasa yang dihasilkan pasti bagus. Pelayanan prima merupakan suatu layanan yang diberikan kepada publik yang mampu memuaskan pihak yang dilayani, hal tersebut sebagaimana disebutkan dalam SK Menpan No. 81 Tahun 1993 tentang Pedoman Tata laksana Pelayanan Umum, “Pelayanan masyarakat adalah segala bentuk kegiatan yang dilaksanakan instansi pemerintah di pusat, di daerah dalam membentuk barang dan jasa baik dalam bentuk pemenuhan masyarakat maupun dalam pelaksanaan ketentuan perundang-undangan”.

 


Full Text:

PDF

References


Assauri, Sofjan, 2003, Customer Service yang Baik Landasan Pencapaian Customer Satisfaction dalam Usahawan, No. 01, Tahun XXXII, Januari, hal.25-30. Jakarta

Harianto, 2003, Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Resep di Apotek Kopkar Rumah Sakit Budhi Asih Jakarta, Tesis, Farmasi FMIPA, Universitas Indonesia, Jakarta.

Jacobalis, Samsi, 1989, Menjaga Mutu Pelayanan Rumah Sakit, PT. Citra Windu Satria, Jakarta.

, 2004, Keputusan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara No: KEP/25/M.PAN/2/2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah, Kementrian Pemberdayagunaan Aparatur Negara, Republik Indonesia.

, 1993, Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 81/KEP/M.PAN/1993 tentang, Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Kementrian Pemberdayagunaan Aparatur Negara, Republik Indonesia.

Kotler, Philip .2003. Marketing Management. Prentice Hall. New Jersey

Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran Jilid I dan 2 (Terjemahan Benjamin Molan), Prenhallindo, Jakarta.

Kotler, Philip, 2003, Manajemen Pemasaran, Edisi Millennium 1, (Terjemahan hendra teguh, Prenhallindo, Jakarta.

Parasuraman A, 1990, Analisa Kualitas Pelayanan, Ghalia, Indonesia

Payne, Andrian, 1993, Pemasaran Jasa, Jakarta.

Rangkuti, Freddy .2002. Riset Pemasaran. Jakarta: Gramedia Pustaka Ulama.

Santoso, Edi, 2005, Indeks Kepuasan Masyarakat Dari Pelayanan Dinas Pengairan Kabupaten Bondowoso Yang Diterima Oleh Penyedia Jasa Konstruksi, tesis, Magister Manajemen, Universitas Narotama, Surabaya.

Sugiono, 2005, Metode Penelitian Administrasi, Alpabeta, Bandung.

Sumarmi, Sri Edi, 2006, Pemberian Pelayanan Prima Untuk Meningkatkan Kepuasan Keluarga Pasien Di Rumah Sakit Jiwa Menur Surabaya, Universitas Narotama, Surabaya.

Suprapto, 1998, Pengukuran tingkat Kepuasan pelanggan untuk pangsa pasar, Rineka Cipta, Surabaya

, 2010, Laporan Tahunan Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam, Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam, Batam.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.