MENUMBUHKAN KINERJA MELALUI MOTIVASI DAN KEPUASAN KERJA: PERSPEKTIF TEORITIS DAN STRATEGI PRAKTIS

Arie Wahyu Maulidya, Rifky Kurniawan, Hakiroh Juwadelia, Syunu Trihantoyo, Muhamad Sholeh

Abstract


Dalam era globalisasi dan perkembangan teknologi yang pesat terdapat tuntutan untuk terus meningkatkan kinerja agar tetap kompetitif. Kinerja yang unggul seringkali tercapai apabila pegawai merasa puas dengan pekerjaan yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana tumbuhnya kinerja melalui motivasi dan kepuasan kerja, serta strategi praktis yang dapat diterapkan dalam peningkatan kinerja tersebut. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-Analyses (PRISMA) untuk mengidentifikasi, melakukan penilaian dan evaluasi, serta menerangkan hasil-hasil dari penelitian yang relevan dengan fokus pada topik penelitian. Motivasi dan kepuasan kerja adalah dua aspek penting yang saling terkait dalam konteks dunia kerja. Motivasi kerja dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti kompensasi, lingkungan kerja, dan peluang pengembangan karir. Sementara kepuasan kerja adalah tingkat perasaan positif yang dialami karyawan terhadap pekerjaan mereka. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja termasuk gaji, hubungan dengan rekan kerja, dan kesempatan untuk berkembang. Adapun beberapa strategi strategi untuk meningkatkan motivasi dan kepuasan kerja, meliputi motivator intrinsik dan ekstrinsik, kepemimpinan dan budaya organisasi, serta pengembangan karyawan.

Keywords


Motivasi, Kepuasan Kerja, Kinerja

Full Text:

PDF

References


Ardiyan, R. P., & Paryontri, R. A. (2024). Hubungan Antara Kepuasan Kerja Dengan Motivasi Kerja Pada Mahasiswa Yang Sedang Bekerja. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(3), 1493–1500. https://doi.org/10.31316/gcouns.v8i3.6020

Azki, A., Muljono, P., & Pandjaitan, N. K. (2025). Pengaruh Kepuasan Kerja, Beban Kerja dan Kelelahan Kerja terhadap Kinerja Guru di Yayasan Waqaf Ar Risalah. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Perbankan Syariah (JIMPA), 5(1), 235–246. https://doi.org/10.36908/jimpa.v5i1.545

Basuki, K. (2019). Sikap dan Kepuasan Pengemudi Angkutan Taksi Terhadap Sistem Komisi Jasa Angkutan Blue Bird (Studi Kasus Pada Perusahaan Angkutan Taksi Blue Bird Pool Kramat Jati). Media Manajemen Jasa, 7(1), 52–60. https://journal.uta45jakarta.ac.id/index.php/MMJ/article/view/2449

Cahyati, I. K., & Adelia, M. (2024). Kepemimpinan dan Budaya Organisasi: Kunci Optimalisasi Kinerja di Tempat Kerja. Indonesian Journal of Public Administration Review, 1(3), 1–14. https://doi.org/10.47134/par.v1i3.2550

Febrina, I., & Rahmat, H. K. (2024). Motivasi Kerja Sumber Daya Manusia dalam Organisasi: Sebuah Tinjauan Pustaka. Journal of Current Research in Humanities, Social Sciences, and Bussiness, 1(1), 29–34. https://doi.org/10.71383/wbq52h63

Harahap, T. K., Hasibuan, S., Pratikna, R. N., Ahmad, M. I. S., Novarini, N. N. A., Widiawati, W., Sanjaya, R., Riesso, A. S., Batubara, N. A., Nurdiana, N., Suyanto, S., & Abdurrahim, A. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia. In Uswatun Khasanah (Ed.), Fakultas Bisnis dan Manajement Universitas Widyatama. Tahta Media. https://tahtamedia.co.id/index.php/issj/article/view/225

Hidayati, H., Eliza, R., & Anidar, J. (2024). Motivasi Kerja Terhadap Pengembangan Profesional Dosen. Jurnal Al-Taujih, 10(2), 143–153. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/attaujih/article/view/10004

Marliani, L. (2019). Motivasi Kerja Dalam Perspektif Douglas Mc Gregor. Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 6(2). https://doi.org/10.25157/dinamika.v6i2.2254

Ningtyas, D. T., Farida, N. A., & Firadilah, A. (2022). Implemetasi Teori Motivasi Abraham Maslow dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Tapis : Jurnal Penelitian Ilmiah, 6(1), 29–34. https://doi.org/10.32332/tapis.v6i1.5311

Nurhandayani, A. (2022). Pengaruh Lingkungan Kerja, Kepuasan Kerja, dan Beban Kerja terhadap Kinerja. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Digital (Ekobil), 1(2), 108–110. https://doi.org/10.58765/ekobil.v1i2.65

Rizqi, M., & Kuswinarno, M. (2024). Peran Pengembangan SDM dan Kepuasan Kerja Dalam Meningkatkan Produktivitas Perusahaan. Jural Media Akademik (JMA), 2(12), 1–16. https://jurnal.mediaakademik.com/index.php/jma/article/view/1103

Romandoni, I. Y., Mutohar, P. M., & Maunah, B. (2024). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Kepuasan Kerja Guru. Leadership: Jurnal Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam, 05(02), 205–218. https://doi.org/10.32478/leadership.v5i2.2025

Saputra, A. A. (2022). Pengaruh Kompensasi, Lingkungan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan. Technomedia Journal (TMJ), 7(1), 68–77. https://doi.org/10.33050/tmj.v7i1.1755

Siregar, S., Siallagan, H., & Ginting, G. (2022). Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kepuasan Kerja serta Dampaknya Pada Kinerja Guru SMK. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis, 7(1), 1–12. https://doi.org/10.36407/jrmb.v7i1.555

Subariyanti, H. (2017). Hubungan Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan PTLR Batan. Jurnal Ecodemica, 1(2), 224–232. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/2102

Sulaeman, M., & Sugiarto, I. (2024). Peran Motivasi, Gaya Kepemimpinan Dalam Meningkatkan Kinerja Pegawai di Mediasi Kepuasan Kerja. Insight Management Journal, 4(2), 104–115. https://doi.org/10.47065/imj.v4i2.309

Sunarya, F. R. (2022). Implementasi Teori Motivasi Frederick Herzberg Dalam Sebuah Organisasi. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 9(3), 909–920. https://doi.org/10.15408/sjsbs.v9i3.25915

Suryani, N. K. (2022). Kepuasan Kerja: Pengaruhnya Dalam Organisasi (Tinjauan Teoritis dan Empiris). Jurnal Imagine, 2(2), 71–77. https://doi.org/10.35886/imagine.v2i2.491

Tribawanti, N., Wardoyo, D. T. W., & Khamidi, A. (2024). Transformasi Kinerja Guru : Peran Kritis Supervisi Akademik dan Motivasi Kerja. JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 7(12), 13779–13788. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i12.6368

Zulkifli, Z. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Pegawai: Kepemimpinan, Motivasi dan Kepuasan Kerja (Studi Literature Review MSDM). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 414–423. https://doi.org/10.38035/jmpis.v3i1.886




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i2.7725

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.