PERAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN RASA NASIONALISME SISWA KELAS VIII DENGAN MEMANFAATKAN PENAYANGAN VIDEO DOKUMENTER PERISTIWA BERSEJARAH DI MTs WALISONGO 1 MARON
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Halim, Samsul Bahril. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dankewarganegaraan Dalam Menanamkan Nasionalisme Siswa Kelas X Ips Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Man 3 Aceh Tenggara. Jurnal Pendidikan Ips, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.32696/jpips.v4i1.2135
Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 361. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730
Amirah Zahra Muthi, Nuraida Rezeki Fadhilah, Desy Safitri, & Sujarwo Sujarwo. (2023). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa SMP. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(6), 104–116. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.116
Andriani, Sahabuddin, C., & Azis, S. (2017). engaruh Penerapan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Jurnal Muara Ilmu Sosial, 3(1), 55–63.
Azzalfa Alifah Rizkya, Damanhuri, D. S. F. (2024). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUMENTER “ SUMPAH PEMUDA ” TERHADAP HASIL. 8848(2), 619–631.
Desiaty, D., Ismail, I., & Abdi, A. (2023). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membimbing Siswa Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Cahaya Ummi Kuala. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(2), 70–80. https://doi.org/10.37755/jspk.v10i2.644
Faizah, S., Saila, N., & Sulianti, A. (2024). Peran guru PPKn dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa kelas VIII di mTs walisongo 1 maron. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 60–67. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk
Firmansyah, H., Putri, A. E., & Maharani, S. (2022). Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2754–2762. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2493
Fitriani, A. (2023). PERANAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN RASA NASIONALISME SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH SAPE TAHUN PELAJARAN 2022-2023. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.
Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.
Ismawati Yayuk; TiaTotok Suyanto. (2015). Peran Guru PPKn dalam Membentuk Sikap Cinta Tanah Air Siswa di SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto Yayuk Tia Ismawati Totok Suyanto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 02(03), 877–891.
Lestari, E. Y. (2019). (2019). numbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Adil Indonesia Journal, 1, 1.
Mamik. (2019). Metodologi Kualitatif - Google Books. In Zifatama Publishing (p. 4).
Mas Udi, Nailah Ramadhani, Rahma Sarita, & Raihan Raihan. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 205–219. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i2.3513
Mutmainah, D., & Kamaluddin, K. (2019). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap Dan Kepribadian Siswa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 44. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.673
Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk meningkatkan kesadaran politik siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 282–290. https://doi.org/ 10.17977/um019v4i2p282-290
Rismayanti, I. (2016). Upaya Guru PKN dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme dan Patriotisme Pada Siswa Melalui Pembelajaran PKN (Studi Deskriptif Analisis di SMA PGRI 1 SUBANG). FKIP UNPAS.
Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Sakman, S., & B. (2019). ndidikan Kewarganegaraan Dan Degradasi Moral Di Era Globalisasi. Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14, 01-08.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Alfabeta (ed.)).
Susanto, A., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2018). Internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(11).
Tamara, T., Luciani, R., & Indonesia, U. P. (2020). PENGUATAN SIKAP NASIONALISME MELALUI TAYANGAN VIDEO SUMPAH. September, 321–330.
Umar, A., et.all. (2023). Dialog Memperingati Hari Pahlawan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda. Jurnal Pedimas. http://jurnalteknik.univpasifik.ac.id/index.php/JPPAS/article/view/76
Wahyudi, W. (2016). Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i2.7735
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.