PERAN GURU PPKn DALAM MENGEMBANGKAN RASA NASIONALISME SISWA KELAS VIII DENGAN MEMANFAATKAN PENAYANGAN VIDEO DOKUMENTER PERISTIWA BERSEJARAH DI MTs WALISONGO 1 MARON

Alfiatus syarofah, Nurul Saila, Uswatun Hasanah

Abstract


Penanaman nilai nasionalisme pada generasi muda menjadi tantangan di era globalisasi yang sarat akan pengaruh budaya asing.“Sekolah suatu lembaga pendidikan formal yang memiliki peran sangat penting guna membentuk karakter bangsa melalui pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn).”Namun, pembelajaran yang monoton sering kali kurang menarik perhatian siswa terhadap materi kebangsaan. Tujuan“penelitian ini untuk mengetahui bagaimana peran guru PPKn dalam mengembangkan rasa nasionalisme siswa kelas VIII melalui penayangan video dokumenter peristiwa bersejarah di MTs Walisongo 1”Maron. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari guru PPKn dan siswa kelas VIII A.“Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa guru PPKn berperan aktif dalam menanamkan nasionalisme melalui video” dokumenter. Media ini mampu meningkatkan sebuah pemahaman siswa terhadap peristiwa sejarah, empati, dan rasa cinta tanah air. Hambatan seperti keterbatasan waktu dan sarana dapat diatasi dengan perencanaan yang lebih matang. Kesimpulannya, video dokumenter efektif mendukung peran guru PPKn dalam mengembangkan rasa nasionalisme siswa karena memberikan pengalaman belajar yang menarik dan kontekstual.

Keywords


Peran Guru PPKn, Rasa Nasionalisme, Video Dokumenter

Full Text:

PDF

References


Abdul Halim, Samsul Bahril. (2023). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dankewarganegaraan Dalam Menanamkan Nasionalisme Siswa Kelas X Ips Melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Di Man 3 Aceh Tenggara. Jurnal Pendidikan Ips, 4(1), 1–6. https://doi.org/10.32696/jpips.v4i1.2135

Amalia, N., & Kurniawati, F. (2021). Studi Literatur: Peran Guru Pendidikan Khusus di Sekolah Inklusi. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(2), 361. https://doi.org/10.33394/jk.v7i2.3730

Amirah Zahra Muthi, Nuraida Rezeki Fadhilah, Desy Safitri, & Sujarwo Sujarwo. (2023). Efektivitas Penerapan Media Pembelajaran Video Dokumenter dalam Pembelajaran IPS pada Siswa SMP. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(6), 104–116. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i6.116

Andriani, Sahabuddin, C., & Azis, S. (2017). engaruh Penerapan Media Film Dokumenter Pada Pembelajaran Menulis Puisi Peserta Didik. Jurnal Muara Ilmu Sosial, 3(1), 55–63.

Azzalfa Alifah Rizkya, Damanhuri, D. S. F. (2024). Universitas Abulyatama Jurnal Dedikasi Pendidikan PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUMENTER “ SUMPAH PEMUDA ” TERHADAP HASIL. 8848(2), 619–631.

Desiaty, D., Ismail, I., & Abdi, A. (2023). Peranan Guru Pendidikan Kewarganegaraan Dalam Membimbing Siswa Untuk Meningkatkan Sikap Nasionalisme Pada Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Swasta Cahaya Ummi Kuala. Jurnal Serunai Pancasila Dan Kewarganegaraan, 10(2), 70–80. https://doi.org/10.37755/jspk.v10i2.644

Faizah, S., Saila, N., & Sulianti, A. (2024). Peran guru PPKn dalam menumbuhkan kesadaran hukum siswa kelas VIII di mTs walisongo 1 maron. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(1), 60–67. https://jurnal.ittc.web.id/index.php/jpdsk

Firmansyah, H., Putri, A. E., & Maharani, S. (2022). Penggunaan Film Dokumenter sebagai Media Pembelajaran Sejarah. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2754–2762. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2493

Fitriani, A. (2023). PERANAN GURU PPKn DALAM MENANAMKAN RASA NASIONALISME SISWA KELAS X DI SMA MUHAMMADIYAH SAPE TAHUN PELAJARAN 2022-2023. AT-TAWASSUTH: Jurnal Ekonomi Islam, VIII(I), 1–19.

Hamid, A. (2017). Guru profesional. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman Dan Kemasyarakatan, 17(2), 274–285.

Ismawati Yayuk; TiaTotok Suyanto. (2015). Peran Guru PPKn dalam Membentuk Sikap Cinta Tanah Air Siswa di SMA Negeri 1 Mojosari Kabupaten Mojokerto Yayuk Tia Ismawati Totok Suyanto. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 02(03), 877–891.

Lestari, E. Y. (2019). (2019). numbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Adil Indonesia Journal, 1, 1.

Mamik. (2019). Metodologi Kualitatif - Google Books. In Zifatama Publishing (p. 4).

Mas Udi, Nailah Ramadhani, Rahma Sarita, & Raihan Raihan. (2024). Penanaman Nilai-Nilai Nasionalisme Melalui Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Pada Mahasiswa. Jurnal Motivasi Pendidikan Dan Bahasa, 2(2), 205–219. https://doi.org/10.59581/jmpb-widyakarya.v2i2.3513

Mutmainah, D., & Kamaluddin, K. (2019). Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Membentuk Sikap Dan Kepribadian Siswa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 6(2), 44. https://doi.org/10.31764/civicus.v6i2.673

Rahman, A., & Suharno, S. (2020). Pelaksanaan pendidikan politik melalui pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk meningkatkan kesadaran politik siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 4(2), 282–290. https://doi.org/ 10.17977/um019v4i2p282-290

Rismayanti, I. (2016). Upaya Guru PKN dalam Menanamkan Nilai Nasionalisme dan Patriotisme Pada Siswa Melalui Pembelajaran PKN (Studi Deskriptif Analisis di SMA PGRI 1 SUBANG). FKIP UNPAS.

Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.

Sakman, S., & B. (2019). ndidikan Kewarganegaraan Dan Degradasi Moral Di Era Globalisasi. Jurnal Pemikiran, Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, Hukum Dan Pengajarannya, 14, 01-08.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (Alfabeta (ed.)).

Susanto, A., Suntoro, I., & Nurmalisa, Y. (2018). Internalisasi nilai-nilai nasionalisme dalam pembelajaran PPKn. Jurnal Kultur Demokrasi, 5(11).

Tamara, T., Luciani, R., & Indonesia, U. P. (2020). PENGUATAN SIKAP NASIONALISME MELALUI TAYANGAN VIDEO SUMPAH. September, 321–330.

Umar, A., et.all. (2023). Dialog Memperingati Hari Pahlawan Jiwa Nasionalisme Pada Generasi Muda. Jurnal Pedimas. http://jurnalteknik.univpasifik.ac.id/index.php/JPPAS/article/view/76

Wahyudi, W. (2016). Reaktualisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembangunan Karakter Bangsa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i2.7735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.