PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI MELALUI PEMBELAJARAN KITAB MUNTAKHOBAT DI MADRASAH DINIYAH ROUDHOTUL JANNAH
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Afroni, Dodi herman. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Daam Pembelajaran Muatan Okal Melalui Kitab Muntakhobat Fil Mahfudzot Di SDIT Al-Kautsar Jepang Mejobo Kudus 2015/2016.” Tesis Reporitori STAIN Kudus 66 (2016): 37–39.
APRILIANTI, KIKI. “PERAN GURU DALAM MEMBENTUK KARAKTER SANTRI DI PONDOK PESANTREN AL-BADRIYAH SUNDAK KECAMATAN TERARA KABUPATEN LOMBOK TIMUR.” Pharmacognosy Magazine 75, no. 17 (2021): 399–405.
Budiastuti, Pramudita, Sunaryo Soenarto, Muchlas Muchlas, and Hanafi Wahyu Ramndani. “Analisis Tujuan Pembelajaran Dengan Kompetensi Dasar Pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dasar Listrik Dan Elektronika Di Sekolah Menengah Kejuruan.” Jurnal Edukasi Elektro 5, no. 1 (2021): 39–48. https://doi.org/10.21831/jee.v5i1.37776.
Dhani, Arif Perwira, and Daya Negri Wijaya. “SEJARAH PEMIKIRAN PENDIDIKAN MERDEKA KI HAJAR DEWANTARA TAHUN 1922–1942.” Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial 4, no. 6 (2024): 9.
Fitri, D., Ratnasari, S. L., & Sultan, Z. (2024). The Examining the Mediating Role of Personality on the Relationship between Talent, Technology Systems, and Employee Competency. JKBM (JURNAL KONSEP BISNIS DAN MANAJEMEN), 11(1), 27-40.
Illahi, Nur. “Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial.” Jurnal Asy-Syukriyyah 21, no. 1 (2020): 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94.
Indonesia, I B. “Mengelola Bank Syariah (Modul Sert). Pt Gramedia Pustaka Utama,” 2014.
Kadir, R. D., Ratnasari, S. L., & Abduh, M. A. (2022). What Drives Non Performing Financing? Evidence from Islamic Rural Banks in Indonesia During Covid-19. Ikonomika, 6(2), 410888.
KAMILAH, SHOLIHATUL. “Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Mahfudzot Di Madrasah Tsanawiyah Darul Latief Ar-Rosyid Desa Kedayunan Kecamatan Kabat Kabupaten Banyuwangi Tahun” 14, no. 5 (2016): 1–23.
Khoirulloh, H. “Peran Guru Madrasah Diniyah Dalam Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Hadrah Al-Banjari Di Madrasah Diniyah Darul Hijrah Prigen …,” 2018, 1–158. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/12422.
Listyarti, Retno. “Pendidikan Karakter Dalam Metode Aktif, Inovatif, Dan Kreatif.” Jakarta: Erlangga 4, no. 1 (2012).
Mamlakhah, and Akhmad Zaenul Ibad. “Madrasah Diniyah Sebagai Alternatif Pendidikan Agama Islam.” Bashrah 2, no. 2 (2022): 135–49. https://www.journal.stitpemalang.ac.id/index.php/bashrah/article/download/501/325.
Maunah, Binti. “Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembentukan Kepribadian Holistik Siswa.” Jurnal Pendidikan Karakter, no. 1 (2016): 90–101. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.8615.
Mutiawanthi, Mutiawanthi. “Tantangan ‘Role’/ Peran Yang Dihadapi Oleh Mantan Perawat IJ-EPA Setelah Kembali Ke Indonesia.” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA 4, no. 2 (2018): 104. https://doi.org/10.36722/sh.v4i2.265.
Nurlaila, Ratnasari, S.L., Harsasi, M., Sultan, Z. 2024. The Role of Individual Performance in the Influence of Innovation Culture and Quality of Work Life on Competitive Advantage. Journal of Ecohumanism, 2024, 3(4), pp. 327–334.
Nurlaila, N., Ratnasari, S. L., Harsasi, M., & Sultan, Z. (2025). Bridging Ethics and Commitment: The Mediating Role of Islamic Work Values in Sharia Banking. Society, 13(2), 680–697. https://doi.org/10.33019/society.v13i2.840
Pusvariauwaty, P., Ratnasari, S. L., Siahaan, A., Rahman, A. J., Hairunnisah, A. I., Rasal, A., ... & Kusmawan, E. (2024). Motivasi Manajemen Eksternal Stakeholders Sekolah Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Anak Didik Dan Kinerja Guru. JURNAL DIMENSI, 13(2), 602-611.
Saragih, Dahlina Sari, Abd Mukti, and Siti Zubaiah. “Dinamika Madrasah Diniyah Takhmiliyah Awaliyah ( Studi Kasus MDTA Di Kecamatan Percut Sei Tuan ).” Edu Riligia 3, no. 1 (2019): 17–29.
Soedibyo. “UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL DENGAN RAHMAT TUHAN YANGMAHA ESA PRESIDEN REPUBLIK INDONESIA Menimbang.” Teknik Bendungan, no. 1 (2003): 1–7.
Ratnasari, S. L., Badawi, S., Susanti, E. N., Susanto, A., Sari, H., Natta, U., ... & Hayati, M. (2024). The Effect Of Leadership Style, Work Motivation, Work Discipline, Competence And Work Environment On Police Personnel Performance. PROCEEDING OF INTERNATIONAL CONFERENCE ON MULTIDISCIPLINARY STUDY (Vol. 2, No. 1, pp. 18-29).
Sari, H., Ratnasari, S. L., Zulkifli, Z., Ismanto, W., Sutjahjo, G., Pasaribu, R. S., ... & Salman, N. F. B. (2023). Pengaruh Kompetensi, Ketrampilan, Konsep Diri, Dan Karakteristik Pribadi Terhadap Kinerja Guru. JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS, 3(4), 260-269.
Setyaningrum, R.P., Ratnasari, S.L., Soelistya, D., ...Desembrianita, E., Fahlevi, M. (2024). Green human resource management and millennial retention in Indonesian tech startups: mediating roles of job expectations and self-efficacy. Cogent Business and Management. 2024, 11(1), 2348718.
Susanto, A., Ratnasari, S. L., Susanti, E. N., Megah, S. I., Wilany, E., & Yuliani, S. (2024). Beliefs of English Language Instruction by Indonesian Elementary School Teachers: Exploring the Influence of Environment and Educational Background. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 16(1), 1-13.
Tarwiyani, T., Ratnasari, S. L., Sari, M., Yanti, F., Hutagaol, N. M., Argadinata, M. P., & Ruslan, R. (2025). The Concept of Education in Malay Society from a Philosophical Perspective. JURNAL EDUSCIENCE, 12(2), 342-355.
Yudianto, P., Ratnasari, S. L., Hasibuan, S. S., Hamidi, H., Sutjahjo, G., Winarso, W., ... & Nuryanto, N. (2024). Analisis Struktur Organisasi Matriks Terhadap Keuntungan Bisnis. JURNAL DIMENSI, 13(2), 625-633.
Zuhroh, D., Jermias, J., Ratnasari, S.L., ...Nurjanah, E., Fahlevi, M. The role of GoJek and Grab sharing economy platforms and management accounting systems usage on performance of MSMEs during covid-19 pandemic: Evidence from Indonesia. Uncertain Supply Chain Management. 2024, 12(1), pp. 249–262
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i2.7745
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.