Peranan Guru PPKn dalam Penguatan Karakter Integritas Sebagai Upaya Pencegahan Perundungan Kelas VII di Smp Sunan Giri

Syamriba Ardila, Ribut Prastiwi Sriwijayanti, Nurul Saila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran guru PPKn dalam membangun karakter integritas siswa sebagai upaya pencegahan perundungan, mengidentifikasi strategi yang digunakan, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambatnya. Studi dilakukan di SMP Sunan Giri, Kota Probolinggo, Jawa Timur, dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru dan siswa, serta dokumentasi aktivitas pembelajaran dan program sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PPKn memainkan peran strategis dalam menanamkan nilai integritas melalui pembelajaran di kelas dan kegiatan ekstrakurikuler seperti OSIS dan kepramukaan. Strategi yang digunakan mencakup pembelajaran kolaboratif, penekanan pada nilai kejujuran dan tanggung jawab, serta keteladanan guru. Program sekolah “LAWAS” (Laporin WA Saja) juga menjadi sarana efektif dalam mencegah perundungan melalui pelibatan aktif siswa dan guru. Faktor pendukung utama meliputi dukungan kepala sekolah dan sesama guru, sedangkan hambatan utama adalah minimnya perhatian orang tua dan pengaruh negatif media sosial. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan karakter integritas siswa melalui peran aktif guru PPKn dapat menciptakan lingkungan sekolah yang aman dan bebas dari perundungan. Kolaborasi antara sekolah dan keluarga sangat penting sebagai faktor keberhasilan. Namun, keterbatasan dalam studi ini terletak pada cakupan lokasi penelitian yang terbatas, sehingga hasilnya belum dapat digeneralisasikan secara luas.

Keywords


Guru PPKn, Karakter Integritas, Perundungan, SMP Sunan Giri

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan guru dalam manajemen peserta didik. Karimah Tauhid, 1(2), 234–239.

Arizanti, S. (2018). Peranan guru PPKn dalam menangani perilaku bullying siswa di SMPN 2 Tinambung Kec. Balanipa Kab. Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Early Human Development, 83(4), 255–262. https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2006.05.022

Aufarel, B., & Prasetyo, W. H. (2023). Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanggulangi perilaku kenakalan remaja di SMP Negeri 2 Teras Boyolali. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 8(1), 1. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2634

Aulia, C., & Saleh, S. (2024). Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai evaluator terhadap disiplin belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan, 10(1), 720–729.

Batubara, A. S. P., Endarwati, A., Siagian, N., Yunita, S., & Hodriani, H. (2022). Peran guru PPKn dalam mencegah terjadinya bullying pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 33. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.27541

Fidya Zafirah Harakah Islami, Sumardi, & Karmila, N. (2023). Analisis peran keluarga dalam membina karakter anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 252–264. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2008

Hendrawati. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif. Jurnal Akuntansi, 11, 1–17.

Hutapea, B. (2023). Landasan psikologis pendidikan karakter. Pendidikan Karakter, (Maret), 73–86.

Idrus, M., & Universitas Halu Oleo-Kendari. (2024). Peranan guru PPKn dalam penguatan pendidikan karakter terhadap nilai. Jurnal Pendidikan, 17(1), 33–38.

Kurniati, Z. (2023). Peran guru PPKn dalam penguatan pendidikan karakter siswa sebagai upaya pencegahan bullying di SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2022/2023. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 31–41.

Maulany, L. E., & Yusra, A. (2022). Dampak perundungan (bullying) verbal terhadap empati korban pada siswa SMPN 7 Muaro Jambi. Dikdaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(1), 195–201. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.291

Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, & Untari, R. S. (2023). Metodologi penelitian pendidikan (Prosedur penelitian, subyek penelitian, dan pengembangan teknik pengumpulan data). https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7

Pangalila, T., Pasandaran, S., & Essing, A. C. (2022). Penguatan karakter integritas siswa oleh guru PKn sebagai upaya pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Moronge Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 149–158. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i2.5494

Rumapea, M. E. M. (2015). Urgensi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 49–59.

Sari, D. (2017). Peran orangtua dalam memotivasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1–43.

Satria Aji, D., Yusuf, Y., & Sugiaryo, S. (2022). Peran guru PPKn dalam menumbuhkembangkan nilai karakter demokratis pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 29–36.

Sugiyono. (2021). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.

Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi penguatan nilai integritas dalam pendidikan karakter siswa. Journal on Education, 5(3), 68–75.

Ummah, M. S. (2019). Metode penelitian kualitatif. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI

Widiatmoko, T. F., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Pentingnya peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi perilaku perundungan di kelas. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.2072

Saila, Nurul, Faizah, Sitttatil, Sulianti, Ani. 2024. “Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Siswa Kelas VIII Di MTs Walisongo 1 Maron.” 2(1): 60–67.

Sriwijayanti, Ribut Prastiwi, Abdul Basit, and Universitas Panca Marga. 2014. “PERAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i2.7756

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.