Peranan Guru PPKn dalam Penguatan Karakter Integritas Sebagai Upaya Pencegahan Perundungan Kelas VII di Smp Sunan Giri
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraeni, R., & Effane, A. (2022). Peranan guru dalam manajemen peserta didik. Karimah Tauhid, 1(2), 234–239.
Arizanti, S. (2018). Peranan guru PPKn dalam menangani perilaku bullying siswa di SMPN 2 Tinambung Kec. Balanipa Kab. Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Barat. Early Human Development, 83(4), 255–262. https://doi.org/10.1016/j.earlhumdev.2006.05.022
Aufarel, B., & Prasetyo, W. H. (2023). Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam menanggulangi perilaku kenakalan remaja di SMP Negeri 2 Teras Boyolali. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 8(1), 1. https://doi.org/10.24127/jlpp.v8i1.2634
Aulia, C., & Saleh, S. (2024). Peran guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sebagai evaluator terhadap disiplin belajar siswa sekolah menengah pertama. Jurnal Pendidikan, 10(1), 720–729.
Batubara, A. S. P., Endarwati, A., Siagian, N., Yunita, S., & Hodriani, H. (2022). Peran guru PPKn dalam mencegah terjadinya bullying pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Percut Sei Tuan tahun pelajaran 2020/2021. Jurnal Kewarganegaraan, 19(1), 33. https://doi.org/10.24114/jk.v19i1.27541
Fidya Zafirah Harakah Islami, Sumardi, & Karmila, N. (2023). Analisis peran keluarga dalam membina karakter anak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 252–264. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.2008
Hendrawati. (2017). Pemaparan metode penelitian kualitatif. Jurnal Akuntansi, 11, 1–17.
Hutapea, B. (2023). Landasan psikologis pendidikan karakter. Pendidikan Karakter, (Maret), 73–86.
Idrus, M., & Universitas Halu Oleo-Kendari. (2024). Peranan guru PPKn dalam penguatan pendidikan karakter terhadap nilai. Jurnal Pendidikan, 17(1), 33–38.
Kurniati, Z. (2023). Peran guru PPKn dalam penguatan pendidikan karakter siswa sebagai upaya pencegahan bullying di SMP Negeri 1 Bolo tahun ajaran 2022/2023. At-Tawassuth: Jurnal Ekonomi Islam, 8(1), 31–41.
Maulany, L. E., & Yusra, A. (2022). Dampak perundungan (bullying) verbal terhadap empati korban pada siswa SMPN 7 Muaro Jambi. Dikdaya: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 12(1), 195–201. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v12i1.291
Nashrullah, M., Fahyuni, E. F., Nurdyansyah, & Untari, R. S. (2023). Metodologi penelitian pendidikan (Prosedur penelitian, subyek penelitian, dan pengembangan teknik pengumpulan data). https://doi.org/10.21070/2023/978-623-464-071-7
Pangalila, T., Pasandaran, S., & Essing, A. C. (2022). Penguatan karakter integritas siswa oleh guru PKn sebagai upaya pencegahan bullying di SMA Negeri 1 Moronge Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Paradigma: Journal of Sociology Research and Education, 3(2), 149–158. https://doi.org/10.53682/jpjsre.v3i2.5494
Rumapea, M. E. M. (2015). Urgensi pendidikan karakter di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 7(1), 49–59.
Sari, D. (2017). Peran orangtua dalam memotivasi belajar siswa. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 1–43.
Satria Aji, D., Yusuf, Y., & Sugiaryo, S. (2022). Peran guru PPKn dalam menumbuhkembangkan nilai karakter demokratis pada peserta didik kelas IX di SMP Negeri 1 Mojolaban Sukoharjo. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 29–36.
Sugiyono. (2021). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Alfabeta.
Tuhuteru, L., Supit, D., Mulyadi, Abdurahman, A., & Assabana, M. S. (2023). Urgensi penguatan nilai integritas dalam pendidikan karakter siswa. Journal on Education, 5(3), 68–75.
Ummah, M. S. (2019). Metode penelitian kualitatif. Retrieved from https://www.researchgate.net/publication/305320484_SISTEM_PEMBETUNGAN_TERPUSAT_STRATEGI_MELESTARI
Widiatmoko, T. F., & Dirgantoro, K. P. S. (2022). Pentingnya peran guru sebagai pembimbing dalam mengatasi perilaku perundungan di kelas. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 6(2), 238. https://doi.org/10.19166/johme.v6i2.2072
Saila, Nurul, Faizah, Sitttatil, Sulianti, Ani. 2024. “Peran Guru PPKn Dalam Menumbuhkan Kesadaran Hukum Siswa Kelas VIII Di MTs Walisongo 1 Maron.” 2(1): 60–67.
Sriwijayanti, Ribut Prastiwi, Abdul Basit, and Universitas Panca Marga. 2014. “PERAN KEDISIPLINAN GURU TERHADAP KARAKTERISTIK PESERTA DIDIK
DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i2.7756
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.