PENGARUH KEPEMIMPINAN DEKAN DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KINERJA DOSEN DI UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM,TAHUN AKADEMIK 2012/2013”

Dahrul Aman Harahap

Abstract


Penelitian ini mempunyai sebagai berikut :1)Untuk mengetahui  pengaruh kepemimpinan dekan terhadap kinerja dosen di Universitas Riau Kepulauan, Batam. 2) Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi terhadap kinerja dosen di Universitas Riau Kepulauan, Batam. 3) Untuk mengetahui pengaruh secara bersama sama kepemimpinan dekan dan  budaya organisasi terhadap kinerja dosen di Universitas Riau Kepulauan, Batam.

 

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey dengan pendekatan kuantitatif. Sample yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh populasi dosen tetap Yayasan yang ada di Universitas Riau Kepulauan Batam sebanyak 120 orang. Penelitian ini mengedepankan pengkajian korelasi antara variable bebas dengan variable terikat dengan menggunakan teknik pengujian data statistic inferensial. Meskipun juga memerlukan statistic deskripif yang merupakan teknik penyajian data yang tidak bermaksud untuk menguji hipotesis.

 

Kesimpulan yang didapatkan dalam penelitin ini adalah 1) Kepemimpinan dekan sangat menentukan terhadap kinerja dosen. Hal ini menunjukkan kepemimpinan dekan  semakin baik maka kinerja para dosen di Universitas Riau Kepulauan semakin baik. Begitu juga dengan sebaliknya. 2) Budaya organisasi sangat menentukan terhadap kinerja dosen.  Hal ini menunjukkan budaya organisasi semakin baik maka kinerja para dosen di Universitas Riau Kepulauan semakin baik. Begitu juga dengan sebaliknya. 3) Secara bersamaan kepemimpinan dekan dan budaya organisasi sangat menentukan terhadap kinerja dosen; semakin baik kepemimpinan dekan dan  budaya organisasi akan semakin meningkatkan kinerja dosen . sebaliknya, semakin rendah atau menurun  kepemimpinan dekan dan  budaya organisasi akan semakin menurunkan kinerja dosen di Universitas Riau Kepulauan Tahun Akademik 2012/2013.


Full Text:

PDF

References


Arikunto Suharsimi, (1997), Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

E.Mulyasa, (2007), Menjadi Pendidik Profesional, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Fachruddin Saudagar,2009. Pengembangan profesionalitas pendidik, Gaung persada (GP Press); Jakarta.

Fathoni Abdurrahmat, (2006), Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta : PT Rineka Cipta

Husen, Umar, (2004), Riset Sumber Daya Manusia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Istijanto, (2005), Riset Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : STIE YPKN

Komariah, Aan. (2006). Visionary Leadership menuju sekolah dasar efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Mangkunegara, Anwar Prabu, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Moeljono, Djokosantoso. (2003), Budaya Koorporat dan Keuggulan Korporasi, Jakarta: PT Elex Media Komputindo Gramedia.

Nawawi, Hadari, (2005), Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rivai, Veithzal, (2004), Kepemimpinan dan Prilaku Organisasi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Robbin Stephen P, (2001), Organizational Behavior, New Jersey: Prentice Hall International.

Sedarmayanti, (2009), Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Bandung: CV Mandar Maju.

Sidik Priadana, (2005), Panduan Penyusunan Skripsi dan Tesis, Bandung: STIE Pasundan.

Siagian, Sondang P. (2002), Kiat Meningkatkan Produktivitas Kerja, Jakarta: Rineka Jaya.

Sukardi, (2007), Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supriadi, (1999), mengangkat citra dan martabat guru. Jakarta: Adicitra Karya Nusa




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i1.78

Refbacks

  • There are currently no refbacks.