PENDEKAR: INOVASI PEMBINAAN KARAKTER BERBASIS DIGITAL DI SMP NEGERI 29 BATAM

Idha Lestari, Said Sahrani, Wisnu Cahyoto, Hendratno Riandesta, Sri Langgeng Ratnasari, Ja'far Shodiq Tirto Pamungkas

Abstract


Tujuan inovasi ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembinaan karakter, menyediakan sistem pengarsipan data pembinaan yang cepat, flexsible, akuntabel, dan mudah diakses, memberi kemudahan layanan informasi kepada orang tua, mengurasi beban administrasi manual guru dan mendukung transformasi digital di lingkungan sekolah. Pengembangan dan implementasi aplikasi PENDEKAR menggunakan metode pengabdian masyarakat berbasis partisipatif dan kolaboratif dengan tahapan pelaksanaan meliputi: (1) identifikasi masalah; (2) perancangan solusi; (3) pengembangan aplikasi; (4) uji coba dan evaluasi awal; (5) implementasi; dan (6) monitoring dan perbaikan. Hasil inovasi ini memberikan dampak nyata dalam mendukung pembinaan karakter siswa yang lebih adaptif terhadap perkembangan zaman. Melalui teknologi, sekolah dapat menciptakan sistem pemantauan dan pembinaan yang transparan, partisipatif, dan terukur. Kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua menjadi kekuatan utama dalam membangun lingkungan belajar yang positif dan berkelanjutan.

Keywords


Inovasi; Pembinaan Karakter; Digital; SMP Negeri 29 Batam

Full Text:

PDF

References


Atiah, N. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Masyarakat 5.0. In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Buulolo, M., SL Ratnasari, HW Nasrul. (2020). Pengaruh Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Iklim Organisasi, Motivasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT. Matahari Departement Store Nagoya Hill Batam. Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf. 1 (1), 502-509.

Farid, A. (2023). Literasi digital sebagai jalan penguatan pendidikan karakter di era Society 5.0. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 580–597.

Hasbullah, H. (2025). Manajemen Kurikulum Adaptif: Integrasi Pendidikan Karakter Dan Digitalisasi Pembelajaran. JIP: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 383–393.

Hasmiza, H. (2025). Model kurikulum pendidikan Islam di era digital: Mengoptimalkan teknologi untuk pembelajaran yang inovatif. Research and Development Journal of Education, 11(1), 164–177.

I’tikaf, M. A. (2024). Integrasi Teknologi dalam Pendidikan Karakter: Membangun Generasi Berkarakter di Era Digital. AL-MIKRAJ Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-ISSN 2745-4584), 5(1), 1837–1847.

Ismanto, W., Munzir, T., Ratnasari, S.L., Sutjahjo, G., Ciptono, C. (2021). Karakteristik Individu Dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Melalui Kompetensi Guru. Jurnal Dimensi. 10 (3), 619-637.

Kemdikbud. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lickona, T. (2012). Character education: Restoring virtue to the mission of schools. In Developing Cultures (pp. 57-76). Routledge.

Maddox, S. J., & Prinz, R. J. (2003). School bonding in children and adolescents: Conceptualization, assessment, and associated variables. Clinical Child and Family Psychology Review, 6(1).

Nasrul, H.W., Buulolo, M., Ratnasari, S.L. (2021). Pengaruh Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Iklim Organisasi, Motivasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi. 10 (2), 317-330.

Ramdayana, I. P., Jayanti, M. D., & Ramdani, I. (2023). mplementasi Pendidikan Karakter Pada Jenjang Sekolah Menengah Pertama. Research and Development Journal of Education, 9(2), 1179–1193.

Ratnasari, S. L., Buulolo, M., dan Nasrul, H. N. (2020). Analisis Karakteristik Individu, Lingkungan Kerja, Iklim Organisasi, Motivasi, Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Manajemen dan Organisasi Review (MANOR). Vol. 2. No. 1., Mei 2020. Hal. 15-25.

Soegiarto, I., Hasnah, S., Annas, A. N., Sundari, S., & Dhaniswara, E. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi artificial intelligences (AI) pada sekolah kedinasan di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 10546–10555.

Sinaga, ERH., SL Ratnasari, Z Zulkifli. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi, Lingkungan Kerja, Transfer Ilmu, Dan Penerapan Teknologi Informasi Terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal Dimensi. 9 (3), 412-443.

Sukmawati, E., SL Ratnasari, Z Zulkifli. (2020). Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Komunikasi, Pelatihan, Etos Kerja, Dan Karakteristik Individu Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Dimensi. 9 (3), 461-479.

Sutjahjo, G., Ratnasari, S.L., Nugrahani, F. (2021). Pengaruh Sistem Informasi Manajemen, Lingkungan Kerja, Pelatihan, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis (JMOB). 1 (1), 137-148.

Yuliari, G., & Nurchayati, N. (2022). Inovasi Melalui Diversifikasi Produk Batik Khas Semarang Berbasis Kolaboratif-Partisipatif Akademisi dan Masyarakat. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 327–334.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i2.8186

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.