IMPLEMENTASI EDUPRENEUR MAHASISWA DALAM MENUMBUHKAN LITERASI ANAK USIA DINI MELALUI BIMBEL CALISTUNG DI KAVLING KAMBOJA KEC. SAGULUNG

Yusra Dewi, Arnesih Arnesih, Tri Tarwiyani, Fitri Yanti, Monika Sari, Novita Mandasari Hutagaol, Sayyida Navisa, Tionom Nainggolan, Jamaluddin Lobang, Amilya Amilya

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menganalisis implementasi edupreneur mahasiswa dalam menumbuhkan literasi anak usia dini melalui program bimbingan belajar (bimbel) calistung di kavling kamboja kecamatan sagulung. Peningkatan minat literasi pada anak-anak dapat didorong melalui dukungan bimbingan belajar calistung di Kavling Kamboja, Kecamatan Sagulung. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknik analisa data yaitu: observasi, wawancara, dan pengumpulan dokumen. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa keterlibatan mahasiswa dalam mengelola edupreneur bidang pendidikan melalui bimbel calistung memberikan dampak positif dalam menumbuhkan literasi anak usia dini di kavling kamboja kecamatan sagulung, serta pengembangan keterampilan edupreneur mahasiswa.

Keywords


implementasi; edupreneur mahasiswa; literasi anak usia dini; bimbel calistung

Full Text:

PDF

References


Agustin, Sri, and B. E. H. C. (n.d.). “Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Budaya Baca Di SMA Negeri 1 Geger.” Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya 1, No. 2 (2017): 56.

Alwasilah, A. Chaedar. Pokoknya Kualitatif: Dasar-Dasar Merancang Dan Melakukan Penelitian Kualitatif. Cet. 7. Bandung: Dunia Pustaka Jaya, 2012.

Bacaan, Taman. “Manajemen Taman Bacaan Masyarakat (Tbm) Sebagai Upaya Meningkatkan Budaya Literasi” 4, no. 2 (2019): 168.

Farrizqi, M. N., Zulkarnain, N., Rasyid, P. B. A., Amanda, N. D., Aulia, M., & Pratiwi, D. R. (2023). Pengaruh metode pembelajaran calistung terhadap kemampuan membaca awal anak usia prasekolah: Studi kasus di taman kanak-kanak desa setiris. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 26699–26706.

Febryani, D., Ratnasari, S. L., Ariyati, Y., Riyandi, R., Tarigan, P. P., Yudianto, P., ... & Salman, N. F. B. (2025). Pengaruh Efektivitas Kerja, Loyalitas, Semangat Kerja Dan Pengembangan Karir Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Dimensi, 14(1), 88-98.

Gusriani, M., Wahidi, A., Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang, M., & Prodi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang,

D. (n.d.). Upaya Meningkatkan Minat Literasi Pada Anak-Anak Melalui Program Perpustakaan Dan Les Privat Di Desa Lubai Persada (Vol. 2, Issue 2).

Halim (2017). Literasi Dengan Empat Keterampilan Berbahasa. Artikel (Diakses pada tanggal 9 maret 2021). https://www.igi.or.id/literasi-dengan-empat-keterampilan-berbahasa.html

Hadi, A., Asrori, & Rusman. (2021). Penelitan Kualitatif. In CV. Pena Persada.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3b.774

Juwairiah. (2013). Alat Peraga dan Media Pembelajaran Kimia. Stikip Bina Bangsa Getsempena. 4(1), 1-13.

Jumiati, S. (2020). Pengenalan Pembelajaran Membaca, Menulis, dan Berhitung (Calistung) Tahap Dasar di RA. Al Hunafa Palangka Raya. Skripsi. IAIN Palangkaraya, 1–142.

Jumrodah, J., Oktaviany, M., Amelia Safitri, D., Amalia, U., Yunita, Y., & Safitri, L. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Calistung di Rumah Pintar Sebagai Upaya Pendidikan Anak-Anak di Desa Walur. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 5(2), 2442–2450. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i2.3201

Kuntarto, E. (2013). Pembelajaran Calistung. Jambi: Universitas Jambi.

Putra Andika, M. A. D. (2019). Tantangan Literasi Membaca di Sekolah Dasar: Studi di Wilayah Perkotaan dan Pedesaan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 8(2), 112–128.

Prihadi, B. (2018). Penerapan Langkah-Langkah Pembelajaran Dengan Pendekatan Saintifik Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan.

Purwaningrum, A. H., Ratnasari, S. L., Ariyati, Y., Barus, L. K., Manan, A., Yudianto, P., ... & Salman, N. F. B. (2025). Pengaruh Hubungan Kerja, Team Work, Keterampilan Digital Dan Fasilitas Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Samudra Jaya Mandiri. Jurnal Dimensi, 14(2), 639-651.

Rejeki, S. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca dengan Menggunakan Model Pembelajaran PAKEM (Aktif, Kreatif, Efektif, Dan Menyenangkan). Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs), 3(3), 2234.

Susilawati. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada KD 3.6 Menjelaskan dan Menemukan Jaring-Jaring Bangun Ruang Sederhana (Kubus Dan Balok) Melalui Penggunaan Media Benda Konkret di Kelas V SD Negeri 5 Madurejo Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Hadratul Madaniyah, 6(2), 35-43.

Syahputri, M. D., Ratnasari, S. L., Zulkifli, Z., Sutjahjo, G., Nasrul, H. W., Munzir, T., ... & Winarso, W. (2025). Pengaruh Kurikulum, Profesionalisme Guru, Peran Komite Sekolah Dan Peran Orang Tua Terhadap Mutu Pendidikan Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Di Kota Batam. Jurnal Manajemen, Organisasi Dan Bisnis (JMOB), 5(1), 39-49.

Tarwiyani, T., Ratnasari, S. L., Sari, M., Yanti, F., Hutagaol, N. M., Argadinata, M. P., & Ruslan, R. (2025). The Concept of Education in Malay Society from a Philosophical Perspective. Jurnal Eduscience, 12(2), 342-355.

Tunardi. (2018). Memaknai Peran Perpustakaan Dan Pustakawan Dalam Menumbuhkembangkan Budaya Literasi. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, 25 (3)(3), 69–70

Wulandari, H., & Zakiya, A. P. (2023). Upaya Guru Terhadap Pembelajaran Calistung Di TK. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(16), 337–344 https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP/article/view/6048/3847

Yudianto, P., Ratnasari, S. L., & Susanto, A. (2025). Ekplorasi Gaya Kepemimpinan Transformasional, Self-Efikasi, Self-Regulasi, Disiplin Terhadap Kepuasan Kerja Guru Madrasah Aliyah Kabupaten Karimun. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Sains, 6(1), 103-109.

Yusrizal. (2022). Analisis Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Film Mimpi Ananda Raih Semesta. Skripsi, 7(8.5.2017), 2003–2005.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v14i3.8460

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.