PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION (TAI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN STRUKTUR TUMBUHAN KELAS VIII DI SMP HANG KASTURI BATAM TAHUN PELAJARAN 2013/2014.

Dahrul Aman Harahap

Abstract


Penelitian yang dilakukan di SMP Hang Kasturi Batam dari bulan April sampai Bulan Juni Tahun 2014 bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Struktur Tumbuhan Kelas VIII di SMP Hang Kasturi Batam. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan populasi seluruh siswa kelas VIII dimana sampel penelitian yaitu kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIB sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel acak sederhana (Simple random Sampling)

 

Data penelitian adalah hasil belajar Siswa kelas VIII yang mengikuti proses pembelajaran sistem dalam kehidupan tumbuhan. Adapun yang menjadi variabel bebas adalah (X) yaitu pemberian model Team Assisted Individualization dan varibel (Y) yaitu hasil belajar siswa. Data penelitian diperoleh menggunakan tes hasil belajar berupa tes objektif pilihan ganda yang dilaksanakan setelah keseluruhan proses pembelajaran berlangsung.

 

Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik statistik deskriftif dan teknik statistik inferensial. Analisis deskriptif dilakukan untuk menyajikan data setiap kelompok perlakuan dengan uji t (t-test) pada taraf signifikansi α = 0.05. maka di dapat thitung 3.299 > ttabel 2.002yang berarti hipotesis yang dikemukakan diterima yaitu model Team Asssted Individualization berpengaruh nyata terhadap hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Hang Kasturi Batam pada pembelajaran struktur tumbuhan.

 


Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarata: PT Rajagrafindo.

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Algasindo

Isjoni. 2009. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta

Riduwan. 2011. Dasar-dasar Statistika. Bandung: Tarsito

Slavin, Robert. E. 2005. Cooperative Learning: Theory, research and Pratice.

London: Allymand Bacon.

Sugiyono. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i2.87

Refbacks

  • There are currently no refbacks.