ANALISA PERFORMANSI SPREAD SPECTRUM IMAGE STEGANOGRAPHY (SSIS) PADA KANAL MULTIPATH RAYLEIGH FADING

Chaeriah Ali Wael

Abstract


Teknik SSIS menggunakan metode spread spectrum, dimana informasi yang akan disisipkan ke citra cover disebar ke dalam noise yang memiliki band frekuensi yang lebar. Noise inilah yang ditambahkan ke dalam citra cover. Sebagai antisipasi terjadi error selama proses transmisi, digunakan teknik Error Control Coding (ECC) yang terdiri dari enkoder konvolusi di transmitter dan dekoder yang menggunakan algoritma viterbi di receiver.

Dari simulasi yang dilakukan, diketahui bahwa jumlah pesan maksimum yang dapat disisipkan pada citra cover dipengaruhi oleh ukuran citra cover, code rate kode konvolusi dan level kuantisasi. Pada penelitian ini, ukuran pesan maksimum yang dapat disisipkan ke citra cover sebesar 1755 Byte. Jika pesan yang disisipkan melebihi kapasitas maksimum maka akan berpengaruh pada kriteria imperceptibility citra stego yang dihasilkan. Karena ukuran teks yang disisipkan pada simulasi masih dibawah kapasitas maksimum, maka nilai MSE rata-rata citra stego yang diterima receiver cukup kecil yaitu sebesar 0.159 dB dan nilai PSNRnya cukup besar yaitu sebesar 56.114 dB walaupun pada kondisi SNR kanal sama dengan 10 dB. Kondisi kanal sangat berpengaruh terhadap kualitas citra stego yang dihasilkan. Semakin besar nilai SNR, kualitas citra stego pada receiver akan semakin baik.


Full Text:

PDF

References


Cachin, C. (2005). Digital Steganography. Switzerland: IBM Research.

Wael, Chaeriah Bin Ali. (2006). Sistem Keamanan Data Menggunakan Spread Spectrum Image Steganography (SSIS) dan Algoritma Kriptografi DES. Tugas Akhir Teknik Telekomunikasi. STT Telkom. Bandung

Kawaguchi, E. and Eason, Richard. O. (1998). Principle and applications of BPCS-Steganography. Kitakyushu, Japan: Kyushu Institute of Technology.

Marvel, L.M., Boncelet Jr., C.G. & Retter, C. (1999). Spread Spectrum Steganography, IEEE Transactions on image processing, 8:08.

Munir, R. (2006). Kriptografi. Bandung: Informatika.

Pitas Ioannis. (1993). Digital Image Processing Algorithms. Prentice Hall, Ltd.

Suhono, Supangkat, H., Juanda, K. (2000). Watermarking Sebagai Teknik Penyembunyian Hak Cipta Pada Data Digital. Jurnal Departemen Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i2.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.