ANALISIS KEBIJAKAN PENGOPERASIAN TERMINAL GIWANGAN YOGYAKARTA SEBAGAI PENGGANTI TERMINAL UMBULHARJO

Meri Enita Puspitasari

Abstract


Transportasi merupakan salah satu sector yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan. Dalam fungsinya sebagai Promoting sector dan servicing sector, tranportasi telah memegang peranan yang besar sebagai urat nadi perekonomian. Pembangunan sector transportasi dimaksudkan untuk menggerakkan berbagai potensi wilayah, meningkatan aksesbilitas dan mobilitas masyarakat, serta meningkatkan produktivitas kawasan perkotaan.

Sasaran utama pembangunan sector transportasi dibanyak wilayah adalah untuk mewujudkan adanya keseimbangan perkembangan sector-sektor ekonomi, terutama pada wilayah-wilayah dengan tingkat pertumbuhan tinggi, seperti Kota Yogyakarta yang tiap tahunnya teradi tingkat pertumbuhan jumalah penduduk yang tinggi. Peningkatan sarana dan prasarana transportasi bertujuan untuk menghubungkan sentra-sentra komersial dan fasilitas umum yang tersebar letaknya dengan sntra-sentra pemukiman penduduk, membuka kesempatan kerja, meningkatkan arus perhubungan antar kota kawasan hinterland-nya.

Pembangunan dan pengembangan kota Yogyakarta sekarang ini mulai diarahkan kekawasan Selatan Kota Yogyakarta, yang meliputi kecamatan Kotagede, Umbulharjo, dan Mantrijeron. Khususnya dikawasan kelurahan Giwangan Kecamatan Umbulharjo, sekarang dibangun Terminal Angkutan Penumpang Tipe A Giwangan untuk menunjang sarana transportasi dan sebagai pengganti terminal Penumpang Umbulharjo.


Full Text:

PDF

References


Dunn, William N.2003, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta : Gadja Mada University Press.

Subarsono, AG,2008, Analisis Kebijakan Publik : Konsep Teori dan Aplikasinnya, Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sumber-sumber Lain :

Akta No.02, Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Kota Yogyakarta dengan PT. Perwita Karya tentang Pembangunan dan pengelolaan terminal penmpang tipe A giwangan kota Yogyakarta, Kantor Tri agus Heryon SH. Notaries dan pejabat pembuat Akta Tanah di Sleman Taggal 9 september 2002.

Menyusun Masterplan Angkutan Umum Kawasan Tumbuh Cepat Kota Yogyakarta (Bahan Seminar). Pemerintah Kota Yogyakarta BAPPEDA dan Magister Sistem dan Teknik Transportasi Program Pasca Sarjana UGM, Tahun Anggaran 2003.

Studi Pola Jaringan Transportasi jalan Kota Yogyakarta (Laporan Pendahuluan), Pemerintah Kota Yogyakarta Dinas Perhubungan dan Pusat Studi Transportasi dan Logistik Universitas Gadjah Mada Yogyakarta, September 2003.




DOI: https://doi.org/10.33373/dms.v3i3.94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.