OPTIMASI PENJADWALAN PRODUKSI DENGAN METODE TRANSPORTASI – LEAST COST

Hery Irwan, Vera Methalina, Yuniral Yuniral

Abstract


 Persoalan transportasi merupakan persoalan linear programming. Ini merupakan ciri dari persoalan transportasi yaitu mengangkut sejenis produk tertentu yang berasad dari sumber (pusat produksi, gudang barang) ke tujuan, yang pengaturannya harus dilakukan dengan tujuan minimum total biaya transportasi. Pemasaran yang dihadapi para UKM hidroponik yang memiliki beberapa variansi produk dan pelanggan, dimana pihak UKM mengalami kehilangan kesempatan untuk memperoleh keuntungan yang lebih baik dikarenakan ketersediaan variansi produk yang tidak sesuai dengan permintaan pelanggan. Melalui pendekatan metode tranportasi - least cost diharapkan pihak UKM dapat melakukan penjadwalan produksi yang disesuaikan dengan permintaan pelanggan tanpa mengurangi keuntungan dari pihak UKM


Keywords


Penjadwalan, Optimasi,Ttransportasi,Sumber,Tujuan

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah. A, M, 2014, (Skripsi), Penerapan Model Transportasi Dan Distribusi Vogel’s Approximation Method (Vam) Dan Modified Distribution (Modi) Pada Ud. Tani Berdikari, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Hasanudin, Makasar.

Darsra. A, 2005, (Skripsi), Optimalisasi Produksi Karet Olahan, Fakultas Sains Dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Hariawan. I, 2014, Analisis Biaya Diferensial Dan Biaya Peluang Dalam Pengambilan Keputusan Membeli Atau Memproduksi Sendiri Pada Rm. Pondok Teterusan, Jurnal EMBA Vol. 02 No. 04, Desember 2014.

Husnah. L, 2013, Penerapan Metode Transportasi Least Cost Dalam Sistem Informasi Biaya Pengiriman Barang Pada Pt. Pos Indonesia (Persero) Medan, Jurnal Informatika Pelita Budi Darma Vol. V, No. 02, Desember 2013.

Jono, 2014, Penentuan Jarak Optimal Guna Meminimalkan Biaya Transportasi Menggunakan Metode Minimal Spanning Tree, Jurnal Simantec Vol. 04 No. 01, Juni 2014.

Siswandi, 2015, Pengaruh Macam Media Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Selada Hidroponik, Jurnal Agronomika Vol. 09 No. 03, Januari 2015.

Syahputa, E. Rahmawati, M. Imran, S, 2014, Pengaruh Komposisi Media Tanam Dan Konsentrasi Pupuk Daun Terhadap Pertumbuhan Dan Hasil Tanaman Selada, Jurnal Floratek Volume 9: 39-4, 2014.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v5i1.1151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter