PERANCANGAN DAN SIMULASI ELEKTRO PNEUMATIK HOLDER MECHANISM PADA SHEET METAL SHEARING MACHINE

Ferdinand Indra Anditha, Tonaas Kabul Wangkok YM

Abstract


Pada Industri Manufaktur proses pemotongan Sheet Metal sering digunakan Shearing Machine. Mesin tersebut melakukan pemotongan Sheet Metal sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan untuk proses selanjutnya. Pada penelitian ini dilakukan di PT. Hastalima yang memproduksi Pintu Besi, dimana pada proses tersebut sering kali terjadi kegagalan atau cacat kualitas ukuran yang tidak sesuai dan visual sheet metal yang rusak karena benturan. Cacat kualitas ini diprediksi muncul karena sheet metal tidak terpegang dengan baik saat proses pemotongan  dan setelah proses tersebut langsung jatuh ke bak penampung. Hal tersebut juga menimbulkan suara yang keras. Perancangan Holder Mechanism pada Shearing Machine yang dapat menahan sheet metal saat proses pemotongan dan setelah proses pemotongan sangat diperlukan untuk menjaga kualitas ukuran dan visual sheet metal serta menghilangkan suara yang keras karena material tidak langsung jatuh ke bak penampung. Proses awal adalah melakukan perancangan Mechanical Design, dimana dilakukan pemilihan material dan part-part yang akan digunakan yang sesuai dengan kebutuhan. Proses selanjutnya adalah simulasi hasil rancangan dengan Elektro Pneumatik menggunakan Software Simulasi untuk menentukan mekanisme gerakan hasil rancangan. Dari proses verifikasi maka hasil rancangan dan simulasi yang didapatkan dari penelitian ini bahwa mekanisme tersebut sudah sesuai dengan kebutuhan.

Keywords


Sheet Metal, Shearing Machine, Holder Mechanism, Elektro Pneumatik

Full Text:

PDF

References


Antoni, A., & St, A. (2009). Perancangan Simulasi Sistem Pergerakan Dengan Pengontrolan Pneumatik Untuk Mesin Pengamplas Kayu Otomatis. Jurnal Rekayasa Sriwijaya, 18(3), 21–28.

B. M. Wilamowski, The Industrial Electronics handbook: Control and Mechatronics. CRC Press, 2011.

Croser, P., Ebel, F., & Level, B. (n.d.). Pneumatics.

Jonoadji, N., Siahaan, I. H., Siwalankerto, J., & Indonesia, S. (2013). FluidSIM Programmable Logic Controller Modul untuk Rancangan Mesin Press Hidraulik Botol Plastik




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v5i1.1154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.