ANALISA RESIKO ERGONOMI KERJA OPERATOR INSPEKSI

Benedikta Anna Haulian Siboro

Abstract


Dalam suatu proses manufaktur ada beberapa bagian kerja yang menuntut adanya proses inspeksi dan penginputan data inspeksi  untuk memastikan produk berkualitas dan diserahkan pada proses selanjutnya. Kebanyakan inspektor tersebut bekerja dengan proses kerja duduk dengan menggunakan komputer dalam jangka waktu yang lama sehingga berpengaruh pada kenyamanan operator tersebut.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa resiko ergonomi yang muncul pada operator inspeksi perusahaan manufaktur di Batam dengan menggunakan metode ROSA dan SNQ (Standard Nordic Questionnaire) yang merupakan metode office ergonomics, dimana cara penilaian metode ini dirancang untuk mengukur resiko cedera pekerja yang berhubungan dengan penggunaan komputer serta menetapkan tingkat tindakan perubahan berdasarkan laporan dari ketidaknyamanan pekerja.

Berdasarkan hasil SNQ  yang dilakukan terhadap 12 operator inspeksi produk IC (integrated circuit)  diperoleh adanya keluhan pada leher, punggung, pinggang dan pantat yang disebabkan oleh posisi kerja pekerja yang lebih sering duduk dan fokus terhadap komputer. Berdasarkan metode ROSA menunjukkan nilai total 7 dimana  faktor resiko yang memiliki nilai resiko paling tinggi yaitu pada sandaran punggung, sandaran tangan dan monitor. Pada kursi kerja aktual sandaran punggung kaku dan tidak bisa di disesuaikan dengan kemiringan maksimal dari sandaran punggung adalah 110˚ sesuai untuk mengurangi resiko cedera daerah lumbar.

Kata kunci :  resiko ergonomi, ROSA, SNQ, operator inspeksi.


Keywords


ergonomic risk, ROSA, SNQ, inspection operators

Full Text:

PDF

References


Canadian Standards Association. (2002). Guideline on Office Ergonomics. Toronto; Canada: Canadian Standards Association.

Damayanti, R. H., Iftadi, I., & Astuti, R. D. (2014). Analisa Postur Kerja pada PT.XYZ dengan Menggunakan Metode ROSA (Rapid Office Strain Assessment). JITI, 13(1), 1–7.

Kroemer, K; Kroemer, H; Elbert, K. . (2001). How to Design For Ease and Efficiency.pdf. New Jersey: Prentice Hall.

Siboro, B. A. H. (2017). Studi Resiko Kerja Operator Laboratorium Pengujian Air dengan Menggunakan Metode QEC (Quick Exposure Check) (Studi Kasus PT.Sucofindo Batam). Dimensi, 6(2), 226–234.

Sonne, M., Villalta, D. L., & Andrews, D. M. (2012). Development and evaluation of an office ergonomic risk checklist: ROSA - Rapid office strain assessment. Applied Ergonomics (Vol. 43). Elsevier Ltd. https://doi.org/10.1016/j.apergo.2011.03.008




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v5i2.1200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter