PERANCANGAN ALAT BANTU KERJA BERDASARKAN ANALISIS POSTUR KERJA MENGGUNAKAN METODE RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT (REBA) PADA INDUSTRI ALUMUNIUM (Studi Kasus : CV. Fataya Aluminium Samarinda)

Slamet Mulyono, Dharma Widada, Lina Dianati Fathimahhayati

Abstract


Kesehatan pekerja merupakan investasi yang penting bagi sebuah perusahaan.Masih banyak pekerja yang tidak menyadari  pentingnya kesehatan tubuh mereka.Pekerja masih berpikir tentang kemudahan dalam bekerja dibandingkan kesehatan dalam bekerja. Berdasarkan observasi awal pada CV. Fataya, terdapat postur kerja yang tidak ergonomis yang dilakukan oleh pekerja.

Berdasarkan permasalahan tersebut perlu dilakukan suatu penelitian mengenai analisis posturkerja.Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis postur kerja adalah metode Rapid Entire Body Assessment (REBA). Penelitian ini dilakukan di departemen pemotongan alumunium, depatemen pemotongan kaca, dan departemen perakitan.

Berdasarkan perhitungan didapatkan skor REBA tertinggi terdapat pada departemen pemotongan aluminium dengan skor 12 yang yang artinya level resiko sangat tinggi dan perlu perbaikan saat ini juga.


Keywords


REBA, Postur Kerja

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. W. B., 2001, Modifikasi Alat Kerja Penggilingan Kopi Dapat Menurunkan Beban Kerja dan Keluhan Muskuloskeletal Pekerja, Program Pascasarjana Universitas Udayana, Denpasar.

Grandjean, E., and Kogi, K., 1971, Introductory Remarks in Hashimoto, Methodology in Human Fatigue Assessment, Taylor & Francis, London, pp. 17-30.

Grandjean, E., 1993, Fitting the Task to the Man, 4th ed., Taylor and Francis Inc., London.

Grandjean, E., &Kroemer, K. H. E., 1997, Fitting The Task To The Human: A Textbook Of Occupational Ergonomics, 5th ed., Taylor & Francis, Philadelphia.

Hignett, S. & McAtamney, L., 2000, Technical Note Rapid Entire Body Assessment(REBA), Applied Ergonomics, vol. 31, hh. 201-205.

Tarwaka, 2010,Ergonomi Industri Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja, Solo, Harapan Press




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v5i2.1205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter