ANALISIS SIKAP KERJA TERHADAP FAKTOR RISIKO ERGONOMI PADA KERJA ASSEMBLY MANUAL (Studi Kasus: Laboratorium Teknik Industri Universitas Riau Kepulauan)

Annisa Purbasari, Benedikta Anna Haulian Siboro

Abstract


Di berbagai industri, khususnya pada industri manufaktur untuk proses assembly manual masih banyak ditemukan sikap kerja yang statis, aktivitas berulang, dan siklus kerja pendek, sehingga dapat menimbulkan gangguan musculoskeletal disorder (MSDs). Identifikasi faktor risiko ergonomi yaitu durasi waktu terpajan sebagai antisipasi terhadap kemungkinan risiko gangguan MSDs di tempat kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap kerja duduk dan berdiri terhadap faktor risiko ergonomi yaitu durasi waktu terpajan pada kerja assembly manual. Rancangan penelitian adalah Treatment by Subject Design, yaitu menggunakan satu kelompok kontrol (KK) untuk sikap kerja berdiri dan satu kelompok eksperimen (KE) untuk sikap kerja duduk pada proses assembly manual. Variabel sikap kerja dinilai dengan teknik RULA dan REBA, sedangkan variabel durasi waktu terpajan dengan mengukur waktu siklus pada kedua perlakuan. Pengolahan data dari 27 sampel dengan uji statistik. Hasil skor RULA pada tingkat risiko cedera sedang menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata antara sikap kerja berdiri dan sikap kerja duduk pada aktivitas assembly manual. Hasil skor REBA pada tingkat risiko cedera sedang dan ringan menunjukkan tidak ada perbedaan yang nyata antara sikap kerja berdiri dan sikap kerja duduk, sehingga sikap kerja tidak berpengaruh terhadap faktor risiko ergonomi untuk durasi waktu terpajan pada aktivitas assembly manual.


Keywords


Durasi waktu terpajan, Faktor risiko ergonomi, Sikap kerja, Treatment by Subject Design

Full Text:

PDF

References


Burmawi, N. H. (2015). Analisis Postur Tubuh Ibu Menyusui Dalam Posisi Duduk Menggunakan Rapid Upper Limb Assesment Kelurahan Pisangan Tahun 2014. Universitas Islam Negeri Hidayatullah.

Gultom, Y. L. E. (2017). Gambaran Sikap Kerja dan Keluhan Musculoskeletal Pada Pekerja di Pabrik Keripik UD. Kreasi Lutvi Desa Tuntungan II Kecamatan Pancur Bayu Medan Tahun 2017. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Irdiastadi, H., & Yassierli. (2014). Ergonomi Suatu Pengantar1.pdf. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Joanda, A. D., & Suhardi, B. (2017). Analisis Postur Kerja dengan Metode REBA untuk Mengurangi Resiko Cedera pada Operator Mesin Binding di PT . Solo Murni Boyolali. Seminar Dan Konferensi Nasional IDEC, 8–9.

Nurmianto, E. (1996). Nurmianto_Konsep Dasar dan Aplikasinya.pdf. (I. K. Gunarta, Ed.). Jakarta: PT.Candimas Metropole.

Sundari, K. N. (2011). Sikap Kerja Yang menimbulkan Keluhan Muskuloskeletal Dan Meningkatkan Beban Kerja Pada Tukang Bentuk Keramik. Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 10(1), 42–47.

Tarwaka. (2015). Ergonomi Industri, Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Solo: Harapan Press Solo.

Tarwaka, Bakri, S. H. A., & Sudiajeng, L. (2004). Ergonomi untuk Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Produktivitas. Retrieved from http://shadibakri.uniba.ac.id/wp-content/uploads/2016/03/Buku-Ergonomi.pdf




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v6i1.1452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter