PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK METODE RULA SECARA DIGITAL UNTUK MEMUDAHKAN PENILAIAN ERGONOMI RESIKO KERJA

Benedikta Anna Haulian Siboro, Annisa Purbasari

Abstract


Ergonomi berupaya menyeimbangkan antara segala fasilitas yang digunakan baik dalam beraktivitas maupun istirahat dengan segala kemampuan dan keterbatasan manusia baik secara fisik, maupun mental. Umumnya penilaian ergonomi dengan metode RULA (Rapid Upper Limb Assessment) masih menggunakan checksheet sehingga membutuhkan waktu untuk menentukan resiko kerja tersebut.  Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat lunak secara digital yang dapat digunakan untuk memudahkan penilaian resiko kerja terhadap suatu aktivitas kerja manusia dengan beban, lamanya kerja, perulangan aktivitas dan lain-lain dengan metode assessment adalah RULA. Penelitian ini dilakukan terhadap 80 mahasiswa Teknik Industri UNRIKA dengan membandingkan penggunan tabel RULA check sheet/form dengan perangkat lunak RULA dan dilakukan pengujian validitas dan reliabitas. Hasil menunjukkan MAD (Mean Absolute Deviation) pengukuran digital pada penelitian ini sebesar 0,040. Hal ini disebabkan oleh adanya perbedaan sudut antara posisi normal dan persimpangan sudutnya pada saat assessment dengan check sheet/form dan perangkat lunak, sehingga membuat responden meragukan penilaian postur terutama pada bagian tubuh dan pergelangan tangan. Selain itu, TEM (Technical error of measurements) hasil pengukuran digital tidak berbeda secara signifikan dengan TEM hasil pengukuran langsung walaupun TEM hasil penilaian dengan check sheet/form masih lebih baik dibanding dengan menggunakan perangkat lunak. Rata-rata TEM semua area penilaian RULA untuk semua subjek ukur adalah 0,026 untuk dua set penilaian digital dan 0,028 untuk dua set penilaian check sheet/form.


Keywords


RULA, MAD, TEM, checksheet, perangkat lunak

Full Text:

PDF

References


Hunter, S. L. (2001). Ergonomic evaluation of manufacturing system designs. Journal of Manufacturing Systems, 20(6), 429–444. https://doi.org/10.1016/S0278-6125(01)80062-5

Irdiastadi, H., & Yassierli. (2014). Ergonomi Suatu Pengantar1.pdf. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasution, A. H., & Prasetyawan. (2008). Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Probandari, S. (2010). Pengembangan Perangkat Lunak dengan Matlab Untuk Perancangan Sistem Pengukuran Antropometri Circumference Secara Digital. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.

Shikdar, A., Al-Araimi, S., & Omurtag, B. (2002). Development of a software package for ergonomic assessment of manufacturing industry. Computers and Industrial Engineering, 43(3), 485–493. https://doi.org/10.1016/S0360-8352(02)00121-3

Siboro, B. A. H., & Herianto. (2014). Development of Mathematical Model and SOfware for Digital Circumference Anthropometric Measurement. Proceeding 7th International Seminar on Industrial Engineering and Management, 18–24.

T.Sutoyo, Mulyanto, E., Suhartono, V., Oky Dwi Nurhayati, & Wijanarto. (2009). Teori Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi Publisher.

Tarwaka. (2015). Ergonomi Industri, Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Solo: Harapan Press Solo.

Usman, H., & Akbar, P. S. (2011). Statistika Suatu Pengantar1.pdf. Jakarta: PT. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v6i1.1453

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter