PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN BPJS TERHADAP PELAYANAN DENGAN METODE QUALITY FUNCTION DEPLOYMENT (QFD)

Euis Nina Saparina Yuliani, Ikrima Ikrima

Abstract


Dalam industri kesehatan, kualitas pelayanan merupakan hal yang sangat penting untuk mewujudkan kepuasan pelanggan, apalagi berhubungan dengan kehidupan seseorang. Setiap institusi kesehatan saling bersaing untuk memberikan kualitas pelayanan yang terbaik bagi pelanggannya. Dalam rangka memberikan pelayanan yang lebih bermutu dan dapat bersaing, melalui peningkatan kinerja secara berkesinambungan serta upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia di Puskesmas Kelurahan Meruya Utara, maka perlu dilakukan perbaikan terhadap pelayanan yang disediakan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang usulan perbaikan pelayanan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quality Function Deployment pada tahap pertama yaitu House of Quality (HOQ). Hasil penelitian dengan metodechouse of quality-QFD merekomendasikan beberapa usulan kualitas pelayanan untuk dilakukan perbaikan, yaitu diadakan pelatihan dan seminar kesehatan, menjaga hubungan baik dengan pasien, pembinaan moral dengan pendekatan agama, memperbaiki fasilitas fisik, mengganti dan menambah peralatan yang rusak, perawatan alat medis secara teratur, penambahan jasa cleaning service dan membuat papan informasi yang dipajang di Puskesmas.


Keywords


Pelayanan, Kepuasan, QFD, HOQ.

Full Text:

PDF

References


Herwanto, D., Ikatrinasari, Z. F., Nina, E., & Yuliani, S. (2013). IMPROVING THE SERVICE QUALITY BY USING IMPORTANCE PERFORMANCE ANALYSIS AND HOUSE OF QUALITY IN SMK PLUS LABORATORIUM INDONESIA , KARAWANG To face fiercer competition , SMK Plus Laboratorium Indonesia Karawang is determined to, 2(3), 49–57.

Hidayat, A. A., Kholil, M., Winda, & Yudistira. (2015). ANALISIS TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN NILAI TAMBAH TERHADAP JASA CLEANING SERVICE, 509–517.

Putri, B. S., Kartika, L., Ekonomi, F., & Pertanian, I. (2017). KEPUASAN PENGGUNA PERSPEKTIF DOKTER RUMAH SAKIT, 2(1), 1–12.

Santoso, H. (2006). MELALUI PENDEKATAN INTEGRASI METODA SERVQUAL-SIX SIGMA ATAU, 1(1), 85–106.

Sianturi, H. P., & Singgih, M. L. (2011). PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PASIEN UNIT INSTALASI RAWAT JALAN ( IRJ ) RUMKITAL DR . RAMELAN SURABAYA DENGAN MENGGUNAKAN METODE.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v6i1.1454

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter