RANCANG MODEL PENILAIAN KINERJA KARYAWAN DENGAN METODE 360 DEGREE DI DEPARTEMEN WAREHOUSE

Mia Juliana Siregar

Abstract


Penilaian kinerja merupakan sebuah alat yang digunakan oleh perusahaan untuk mengevaluasi dan menilai kinerja dan perilaku karyawannya. Proses penilaian yang terjadi saat ini adalah penilaian yang dilakukan oleh 1 level di atas yang dinilai. Proses yang seperti ini sering menimbulkan masalah karena dianggap bias dan bersifat subjektif yang memberikan hasil yang tidak adil. Penilaian menjadi alat untuk menjatuhkan pihak yang tidak disukai dan menaikkan image pihak yang disukai. Penilaian yang dilakukan 1 kali dalam setahun memberikan dampak yang besar bagi karyawan karena mempengaruhi besaran kenaikan gaji yang akan mereka terima. Untuk itu diperlukan penilaian yang bersifat objektif dan produktif, yang dikenal dengan penilaian 360 degree. 360 degree akan menilai dengan melibatkan 4 pihak sebagai penilainya. Pada penelitian ini variable yang digunakan dalam penilaian adalah integritas, orientasi terhadap kualitas, orientasi terhadap pelanggan, kolaborasi, komunikasi, keterampilan, loyalitas, perencanaan dan pengorganisasian, serta coaching. Dari hasil perancangan model penilaian kinerja dengan menggunakan penilaian 360 degree akan dihasilkan grade kinerja (I, II, III, IV, dan V) yang menggambarkan prestasi kerja dalam 1 tahun masa kerja. Berdasarkan wawancara dengan expert, dikatakan bahwa model penilaian 360 degree dapat diaplikasikan untuk perusahaan akan tetapi membutuhkan waktu dan persiapan untuk menjalankannya karena dapat dikatakan model penilaian ini terbilang baru diperusahaan.


Keywords


penilaian, kinerja, 360 degree

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, S. (2002). Managing Productive Performance Appraisal: Sebuah Upaya Menjawab Penilian Kinerja yang Bebas KKN. Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Pembangunan, pp. 93-111.

Bacal, R. (2002). Peformance Management. Edisi II. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Hermann, , J. (2007). The Legacy of Taylor, Gantt, And Johnson: How to Improve Production Scheduling, Department of Mechanical Engineering and Institute for Systems Research University of Maryland. College Park, MD 20742.

Jackson, M. d. (2002). Manajemen Sumber Daya Manusia, Ed. Pertama, Cetakan Pertama,. Yogyakarta.: Salemba Empat.

Karmawidjadja, T. H. (2007). 360 Derajat HR Management Audit. Jakarta: PT Gemaku Nusaku Persada.

Lepsinger, R., Aanntoinette , D., & Lucia. (1997). The Art and Science 360 Degree Feedback. San fransisco: Pfifer.

Mathis, R., & Jockson, J. (2000). Human Resource Management. Ohio: South Westerm Collage Publishing.

Widya, R. (2004). Penilaian kinerja dengan menggunakan konsep 360 derajat feedback. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, Vol. 4(1), 86-95.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v6i1.1455

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.