USULAN PERBAIKAN RISIKO MUSCULOSKELETAL DISORDERS (MSDs) DAN BEBAN KERJA FISIOLOGIS DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI PADA PEKERJA ASSEMBLY DI PT. KOP SURFACE PRODUCTS

Akhiri Joko Purnomo, Annisa Purbasari, Abdullah Merjani

Abstract


Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) adalah keluhan yang berkaitan dengan masalah jaringan otot, ligament, tendon, sistem syaraf yang dirasakan oleh seseorang. Hasil dari studi pendahuluan yang dilakukan terhadap 20 pekerja assembly terdapat 70% pekerja merasakan adanya keluhan MSDs. Selama ± 12 bulan terakhir sebanyak 58% pekerja merasakan adanya keluhan. 8% keluhan dirasakan pekerja pada leher, 7% pekerja merasakan keluhan pada punggung atas, 8% keluhan pekerja pada punggung bawah dan sisanya pada bagian tubuh lainnya. Penelitian dilakukan di bagian assembly PT. KOP Surface Products  pada Maret – July 2017. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner Nordic Musculoskeletal Questioner (NMQ), dan mengukur nilai paparan pada tubuh dengan Quick Exposure Check (QEC) dan mengukur dimensi tubuh antropometri pekerja dan menghitung beban kerja cardiovascular load (%CVL). Usulan perbaikan perancangan meja kerja adjustable diperlukan untuk memperbaiki postur tubuh pekerja ketika bekerja dan mengurangi keluhan MSDs. Hasil dari kuesioner NMQ sebanyak 70% merasakan adanya keluhan nyeri pada otot. Hasil dari penelitian paparan terhadap tubuh pekerja dengan QEC didapat nilai exsposure score rata-rata untuk punggung bergerak sebesar 30.8, nilai rata-rata untuk bahu / lengan  sebesar 29.7, nilai rata-rata untuk pergelangan tangan 28.4, dan nilai rata-rata untuk leher sebesar 11.3. Sedangkan nilai rata-rata untuk exposure level sebesar 56.93%. Hasil cardiovascular load (%CVL) didapatkan tingkat beban kerja pekerja pada level sedang sebanyak 20 orang (100%) tidak mengalami beban kerja berlebihan.

Keywords


NMQ, Beban Kerja (Cardovascular load), Musculoskeletal Disorders, Quick Exposure Check, Antropometri

Full Text:

PDF

References


Handayani, W. 2011. Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan MSDsPada Pekerja Di Bagian Polishing PT. Surya Toto Indonesia. Tbk Tangerang. Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Hamdani, A. 2015. Perancangan Meja Kerja Untuk Mengurangi Tingkat Kelelahan Dan Memperbaiki Postur Kerja Pada Pekerja Perakitan Barang Di PT.Aker Solution. Skripsi Universitas Ibnu Sina

Ilman, dkk. 2013. Rancangan Perbaikan Sistem Kerja dengan Metode Quick Exposure Check (QEC) di Bengkel Sepatu X di Cibaduyut. Jurnal, Institut Teknologi Nasional.

KOP Surface Products. 2016. Reliable and cost-effective equipment for the oiland gas industry. Available from http://kopsurfaceproducts.com/kop/wp-content/uploads/KOP Company-Brochure.pdf (diunduh online, 11 Juni 2017)

Kuswanto, D. 2012. Statistik Untuk Pemula & Orang Awam, Cet 1 – JakartaTimur,Laskar Aksara..

Noor, J. 2011. Metodologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertasi dan Karya Ilmiah.Edisi Pertama. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Senjaya, dkk. 2009. Pengukuran Tingkat Kelelahan Dan Ketidaknyamanan Pada Karyawan Frontliner Studi Kasus:Customer Service SRSR. Jurnal, Binus

Tarwaka, dkk. 2004. Ergonomi Untuk, Kesehatan Kerja dan Produktivitas.Ed 1, Cet 1 – Surakarta ; UNIBAPRESS.

Tarwaka 2010. Ergonomi Industri – Dasar-Dasar Pengetahuan Ergonomi Dan Aplikasi Di Tempat Kerja. Ed II, Cet 1 – Surakarta UNIBA.

Zulfiqor, M.T. 2010. Faktor - Faktor Yang Berhubungan Dengan Keluhan Musculoskeletal Disorders (MSDs) Pada Welder Bagian Fabrikasi PT. Caterpillar Indonesia.Skripsi, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v6i2.1615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter