PERANCANGAN PANGGUNG RUANG BELAJAR ERGONOMI DI RUANG A101 FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN

Kasmianto Kasmianto, Benedikta Anna Haulian Siboro, Vera Methalina Afma

Abstract


Ruang kuliah merupakan tempat yang penting dalam kegiatan belajar dan mengajar disuatu perkuliahan. Fakultas Teknik UNRIKA yang memiliki kapasitas maksimal 40 mahasiswa. Ruangan belajarnya memiliki permasalahan  yaitu terganggunya pandangan mahasiswa yang duduk pada bangku kedua, ketiga dan seterusnya hingga barisan terakhir kearah depan atau papan tulis yang diakibatkan terhalang posisi duduk mahasiswa yang duduk didepannya sehingga menjadi  kurang nyaman, sehingga perlu solusi pemecahanya dengan sebuah rancangan panggung yang nyaman dan aman. Metode perancangan panggung dalam penelitian ini menggunakan kaidah Ergonomi dengan Antropometri populasi mahasiswa yang menggunakan ruang tersebut dengan menentukan lebar panggung dari Lebar Pinggul/pantat(LP) dan Panjang Paha Posisi Duduk(PPD), kemudian ketinggian Panggung ditentukan dengan menghitung selisih Tinggi Badan Duduk(TBD) dengan Tinggi Mata Duduk(TMD) sementara Panjang panggung sesuai dengan ruangan yang digunakanya sedangkan perhitungan kekuatan rangka menggunakan Mekanika Teknik. Hasil rancangan adalah panggung dengan 5 baris dengan beda ketinggian 13 cm pada masing-masing baris mulai dari  baris dasar, baris ke-1 = 13 cm, ke-2 = 26 cm, ke-3 = 39 cm, ke-4 = 52 cm dan ke-5 = 65 cm dengan lebar adalah 115 cm dan panjang 680 cm. Hasil pengujian rancangan panggung menghasilkan tidak ditemukanya lagi gangguan pandangan pada baris kedua, ketiga hingga baris terakhir ke papan tulis dan secara pengujian dihasilkan peningkatan kenyamanan dari 46% pada rancangan tanpa panggung menjadi 86% setelah rancangan panggung digunakan.


Keywords


Panggung, Ruang belajar, Ergonomi, Antropometri, Mekanika Teknik

Full Text:

PDF

References


Chandra, Yasra, R., & Afma, V. M. (2015). PERANCANGAN ULANG RUANG KULIAH FAKULTAS TEKNIK UNTUK MEMPERBAIKI PANDANGAN MAHASISWA KE MATERI PERKULIAHAN ( Studi Kasus Ruang A101 ). PROFISIENSI, 3(2), 95–105.

Nurmianto, E. (2008). ERGONOMI KONSEP DASAR DAN APLIKASINYA. (E. NURMIANTO, Ed.) (2nd ed.). SURABAYA: PT GUNA WIDYA.

Putra, B., Hidayat, A., & Purnama, J. (2008). ELEMEN MESIN untuk Teknik Industri. (B. Putra, Ed.) (1st ed.). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2014). METODE PENELITIAN KUANTITATIF KUALITATIF DAN R&D. (Sugiyono, Ed.) (1st ed.). Bandung: ALFABETA.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v6i2.1619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.