PERENCANAAN KAPASITAS PRODUKSI ATV12 DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROUGH CUT CAPACITY PLANNING (RCCP) UNTUK MENGETAHUI TITIK OPTIMASI PRODUKSI (Studi kasus di PT Schneider Electric Manufacturing Batam)

Yudi Setiabudi, Vera Methalina Afma, Hery Irwan

Abstract


Dalam proses produksi perusahaan dituntut untuk dapat mengirimkan produk jadi yang telah di produksi dengan tepat waktu dan dengan jumlah yang sudah ditentukan. Apabila perencanaan kebutuhan kapasitas produksi tidak optimal, maka jadwal produksi akan terganggu dan akan memberikan kerugian baik itu dari segi waktu maupun biaya. Untuk itu diperlukan suatu metode pengendalian perencanaan kebutuhan kapasitas produksi yang sesuai untuk mengoptimalkan output produksi agar dapat memenuhi permintaan pelanggan. Penelitian ini bertujuan untuk merencanakan kapasitas waktu produksi yang optimal dengan menggunakan metode Rough Cut Capacity Planning dimana penelitian ini dilakukan di PT. Schneider Electric Manufacturing Batam Lot 208. Selain merencanakan kapasitas produksi, penelitian dilakukan juga terhadap kebutuhan tenaga kerja (operator) yang optimal berdasarkan waktu standar produksi dan jam kerja yang dibutuhkan untuk memperoleh kapasitas produksi yang sangat optimal. Hasil akhir yang diperoleh pada penelitian adalah untuk memenuhi permintaan dari bulan Desember 2016 sampai Maret 2017 bersarnya kapasitas pada line ATV12 sebanyak 17,347 menit/bulan setara dengan 7129 pcs/bulan produk ATV12 dengan waktu standar atau waktu baku untuk produk ATV12 selama 20.1 menit/pcs. Operator yang dibutuhkan sebanyak 6 orang/shift serta shift kerja yang dibutuhkan dalam 1 hari yaitu 3 shift.


Keywords


Waktu baku, Tenaga kerja yang dibutuhkan, Kapasitas tersedia, kapasitas dibutuhkan, Jadwal Induk Produksi, Rough Cut Capacity Planning (RCCP)

Full Text:

PDF

References


Chandra, M. (2011). Perancangan ulang tata letak fasilitas lantai produksi proses perakitan sofa studi kasus Usaha Perabotan Putra Indah Pekanbaru. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru.

Gasperz, V (2005)Production Planning and Inventory Control : Berdasarkan Pendekatan Sistem Terintegrasi MRP II dan JIT Menuju Manufakturing 21. Gramedia, Jakarta.

Handoko, T.H. (2004). Dasar-Dasar Manajemen Produksi dan Operasi. BPFE, Yogyakarta.

Henry, Eben, R. (2011). Analisa peningkatan kapasitas produksi pada line assembling transmisi dengan metode line balancing studi kasus PT.X . Skripsi, Universitas Indonesia.

Noor J. (2011) Metodologi Penelitian, Prenada Media Group, Jakarta

Sinulingga, S (2009). Perencanaan dan Pengendalian Produksi . Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wignjosoebroto, S (2006) . Ergonomi, Studi Gerak dan Waktu. Cetakan Prima Printing, Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v6i2.1620

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter