ANALISIS SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN SEBELUM DAN SESUDAH PENERAPAN SYSTEM ATTANDANCE MANAGEMENT (STUDI KASUS PT. POLLUX BARELANG MEGA SUPERBLOCK)

Sudika Diski Sitohang, Edi Sumarya, Hery Irwan

Abstract


PT. Pollux Barelang Mega Superblok adalah perusahaan yang bergerak dibidang properti. Perusahaan dihadapkan pada permasalahan penggajian karyawan yaitu pembayaran gaji karyawan yang sering telat pada sistem penggajian sebelumnya dan dalam perhitungan penggajian karyawan kurang efektif yang mengakibatkan proses kerja tidak efisien, sehingga diperlukanya penerapan sistem informasi penggajian yang baru dan menganalisis sistem informasi penggajian tersebut.

 Analisis sistem informasi penggajian pada penelitian ini dilakukan dengan menganalisis sistem informasi penggajian sebelum dan sesudah penerapan dengan metode PIECES , mendesain sistem yang sudah diterapkan menggunakan DFD (data flow diagram) dan menggunakan skala likert  untuk mengatahui tingkat rata-rata kepuasaan pengguna dalam menggunakan sistem informasi penggajian.

Hasil dari analisis sistem informasi penggajian adalah sistem yang sudah diterapkan lebih unggul dari sistem yang sebelumnya, dimana sistem yang sebelumnya dalam rata rata tinggkat kepuasan masih cukup puas dan sesudah diterapkan dalam rata rata tingkat kepuasan sudah puas. Dalam desain DFD pada sistem yang sudah diterapkan masih ditemukan beberapa kelemahan yaitu dalam mengolah data dari mesin fingerprint masih manual menggunakan USB dan dalam perhitungan gaji tidak otomatis karena data yang sudah ditarik dari fingerprint  dan dimasukan kedalam sistem attendance management  masih berupa data mentah yaitu data jam kerja karyawan.

 


Keywords


sistem informasi penggajian, metode PIECES , skala likert, desain sistem, data flow diagaram.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmad, L. ; M. (2018). Sistem Informasi Manajemen. (Syarifuddin, Ed.). Banda Aceh: Lembaga Kita.

Candrawati, P., & Mardira Indonesia, S. (2013). SISTEM INFORMASI ABSENSI KARYAWAN PADA PT HARJA GUNATAMA LESTARI BANDUNG Rinawati 1), 7(2), 96–105.

Ditya Banu Handita, Umar, U. F. (2010). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web pada Pempek Nony 168 Palembang. Solo: UMS, 55655, 1–6.

MUAWANAH, S. (2013). Analisis Pemanfaatan Situs Web Di Psta Lapan Mengunakan Metode Pieces. Retrieved from http://eprints.binadarma.ac.id/180/1/ANALISIS PEMANFAATAN SITUS WEB DI PSTA LAPAN.pdf

Nugroho, & Dkk. (2017). ANALISIS dan DESAIN SISTEM INFORMASI PENGGAJIAN KARYAWAN ( Studi Pada Unit Pusat PT . Perdana Fajar Mandiri Sidoarjo ). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 47(2), 115–121.

Supriyatna, A., & Maria, V. (2017). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Djp Online Pelaporan Spt Pajak. Prosiding SNATIF Ke-4, (May), 147–154.

Winarno, W. W. (2017). Sistem Informasi Manajemen. (W. wahyu Winarno, Ed.) (3rd ed.).




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v7i1.2471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Pahlawan No.99 Batu Aji

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter