PERANCANGAN MEJA KERJA PADA PEMBUATAN BATU BATAKO DENGAN MENGGUNAKAN METODE ManTRA Tool (Manual Task Risk Assement Tool) DAN PENDEKATAN ANTHROPOMETRI (STUDI KASUS UKM ANTO)

Astin Ariesna Nurkholid Ariesna Nurkhodi, Benedikta Anna Haulian Siboro, Annisa Purbasari

Abstract


Pembangunan sarana-prasarana di Kota Batam yang berkembang pesat mendorong peningkatan daya saing produk industri, salah satunya usaha pembuatan batu batako. Salah satu UKM yang memproduksi batako jenis padat dan berlubang ialah UKM Anto. Dalam proses pembuatan batako tinggi meja cetakan yang digunakan cenderung rendah, sehingga posisi kerja harus membungkuk sehingga menimbulkan keluhan sakit pinggang dan bahu pada para pekerjanya pada saat proses pemadatan cetakan. Tujuan penelitian ini adalah merancang meja ergonomis yang diharapkan dapat mengurangi keluhan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan metode kuisioner NBM (Nordic Body Map) dan metode ManTRA (Manual Task Risk Assessment) serta dirancang dengan menggunakan data antopometri kelima pekerja di UKM Anto.

Hasil peneliltian menunjukkan desain meja yang ergonomis memberikan  penurunan persentase tingkatan sangat sakit dari (16,42%) menjadi (0%). Sedangkan pada tingkatan tidak sakit meningkat dari (35%) menjadi (70,71%) pada bagian tubuh yang sebelumnya mengalami keluhan sakit. Selain itu hasil analisa ManTRA menunjukkan penurunan skor dari nilai resiko kumulatif yang sebelumnya mencapai 16-20 poin (lebih dari 15) menurun menjadi 12-14 poin ( <15). Dari hasil analisa tersebut membuktikan bahwa perancangan meja ergonomis  dengan ukuran panjang 68 cm, lebar 52 cm, dan tinggi 86 cm mampu mengurangi resiko kerja dan keluhan yang dialami pekerja pada bagian pencetakan batu batako di UKM tersebut.


Keywords


keluhan, antopometri, NBM, ManTRA, meja pengepresan ergonomis

Full Text:

PDF

References


Lestari, E. A. (2014). Analisis Kesesuaian Keberadaan Safety Sign Berdasarkan Identifikasi Bahaya Di Bidang Profilling Prismatic Machine Departemen Machining Direktorat Produksi Pt. Dirgantara Indonesia Tahun 2014. Skripsi Kesehatan Masyarakat niversitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah.

Nurcahyo, G. W. (2010). Perancangan Motorcycle Lift Ssebagai Alat Bantu Mekanik Pada Pengerjaan Servis Motor ( Studi Kasus : Bengkel Loh Jinawi Motor , Jaten ). Universitas Sebelas Maret.

Pangaribuan, D. M. (2009). Analisa Postur Kerja Dengan Metode RULA Pada Pegawai Bagian Pelayanan Perpustakaan USU Medan. Tugas Akhir. Universitas Sumatra Utara.

Santoso, A., Anna, B., & Purbasari, A. (2014). Perancangan Ulang Kursi Antropometri Untuk Memenuhi Standar Pengukuran. Profesiensi, 2(2), 81–91. https://doi.org/2301-7244

Siboro, B. A. H., Suroso, Suhendrianto, & Esmijati. (2013). Penerapan 12 Prinsip Ergonomi pada Ruang Server (Studi Kasus Ruang Server Universitas Gadjah Mada). Profisiensi, 1(1).

Straker, L., Pollock, C., Burgess-limerick, R., & Cpe, R. B. (2004). Manual Tasks Risk Assessment Tool (ManTRA) V 2.0. ManTRA, 2(January), 7.

Wijaya, M. A., Siboro, B. A. H., & Purbasari, A. (2016). Analisa Perbandingan Antropometri Bentuk Tubuh Mahasiswa Pekerja Galangan Kapal dan Mahasiswa Pekerja Elektronika. Profisiensi, 4(2), 108–117. Retrieved from http://journal.unrika.ac.id/index.php/jurnalprofisiensi/article/view/593/454




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v7i1.2480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung Lt.1 Kampus Universitas Riau Kepulauan Batam

Jl. Pahlawan No.99 Batu Aji

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter