PERANCANGAN ALAT BANTU PENGULITAN KAMBING MENGGUNAKAN METODE REBA (RAPID ENTIRE BODY ASSESSMENT) UNTUK MENGURANGI MSDs

Vera Methalina Afma, Bambang Wahyu Widodo

Abstract


                                                             ABSTRAK

CV. Jagal Utama merupakan salah satu tempat pemotongan hewan otorita batam yang proses pemotongannya masih di lakukan secara manual, salah satu kegiatan berupa proses pengulitan kambing, Kegiatan pengulitan bahan baku kambing ini dilakukan dengan cara memotong dengan jongkok sebanyak 20%, membungkuk 30% dan juga terkadang berdiri dengan sebanyak 50% menggunakan alat bantu pisau dengan pengulangan lebih 10 kali sehingga menimbulkan adanya keluhan pegal-pegal di bagian punggung sebanyak 60% dan di bagian pinggang ke bawah  sebanyak 40% oleh pekerja.

Pada penelitian ini, maka dilakukan perancangan alat pengulitan bahan baku yang tepat sehingga mampu mengurangi penggunaan tenaga yang berlebihan dan Musculoskelatel Disorders (MSDs) sehingga dalam menyelesaikan pekerjaan lebih cepat dan memperbaiki postur pekerja. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk menganalisis keluhan yaitu dengan menggunakan metode REBA ( Rapid Entire Body Assessment ).

Berdasarkan Analisa data menggunakan kuisioner Nordic Body Map (NBM) diperoleh nilai sangat sakit 30%, sakit 25%, agak sakit 17% dan tidak sakit 28%, total bagian sakit 72% dan nilai rata-rata REBA awal sebesar 7.40 dengan rata-rata skor pekerja 4 pada posisi badan  punggung membungkuk lebih dari 60⁰ sehingga menyebabkan keluhan Musculoskelatel disorders (MSDs) maka perlu adanya rancangan alat untuk mengurangi resiko tersebut. Perancangan alat bantu pengulitan kambing mengunakan data antropometri pekerja yaitu untuk tinggi alat pengulitan 250 cm dari Tinggi Bahu Berdiri (TBB), lebar alat pengulitan kambing 150 cm dari Lebar Bahu (LB), tinggi tali pengikat 160 cm dari Tinggi Pinggang Berdiri (TPB), tinggi kambing 78 cm dari tinggi Lutut Berdiri (LB), titik tengah alat pengulitan 75.37 cm dari Jangkauan Tangan Kedepan (JTK) dan pegangan pisau pengulitan 2 cm dari Diameter  Genggaman Tangan (DGT).

 


Keywords


Perancangan Alat Bantu, Kuisioner NBM, Rapid Entire Body Assessment

Full Text:

PDF

References


Nurmianto, E. (2013). Ergonomi. Konsep Dasar dan Aplikasinya (Edisi Pert). Graha Ilmu.

Putra, R. A. (2014). Metode Penelitian (Kuisioner Nordic Body Map). UNIVERSITAS GUNADARMA.

Tarwaka. (2014). Ergonomi Industri: Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Solo: Harapan Press.

Tuwarno, B. (2018). Perancangan Alat Bantu Kerja Pada Proses Pengepresan Tahu Dengan Metode REBA (Rapid Entire Body Assessment) Untuk Meminimalkan Keluhan Musculoskelatel Disorders. Batam: Universitas Riau Kepulauan Batam




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v8i1.2482

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter