PERANCANGAN ALAT BANTU KERJA DENGAN PENDEKATAN ERGONOMI UNTUK MENGURANGI KELUHAN MSDS PADA PROSES TUMBLING C-SEAL (STUDI KASUS PT. FLUID SCIENCES BATAM)

Galang Febrian Comara, Annisa Purbasari, Abdullah Merjani

Abstract


PT. Fluid Sciences Batam merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dibidang manufacturing yang memproduksi spare part pesawat, namun dalam proses produksi nya masih ada proses yang tidak ergonomis. Yang berdampak pekerja sering mengalami keluhan dan beresiko menimbulkan cidera otot. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat bantu yang ergonomi untuk mengurangi keluhan MSDs pada proses tumbling C-Seal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode NBM, RWL dan Anthropometri. Dengan hasil kuisioner diisi oleh 4 orang pekerja yang beraktivitas pada proses tumbling dengan persentase pada level keluhan sakit sebelum perancangan 49 % dan sesudah perancangan mengalami penurunan sebesar 23% . Hasil rata – rata LI awal dari keempat pekerja  sebelum perancangan adalah 4.85, dan LI akhirnya adalah 6.60 dan hasil dari rata – rata sesudah perancangan, baik LI awal maupun LI akhir nilainya adalah 0. Ukuran dimensi anthropometri yang digunakan adalah TSB (Tinggi Siku Berdiri) = 112.62 cm dan untuk JTKD (Jangkauan Tangan Kedepan) = 65.26 cm digunakan untuk jarak pekerja dengan alat bantu.

 


Keywords


Anthropometri, NBM, Perancangan dan RWL

Full Text:

PDF

References


ntoni, S. (2016). Perancangan Meja Konveyor Sebagai Media Pembelajaran Untuk Mempertimbangankan Faktor Antropometri Di Laboratorium Analisa Perancangan Kerja Fakultas Teknik. Jurnal Tekinik Industri, 12(1), 48–56.

Anugrah, G., Rispianda, & Helianty, Y. (2013). Analisa Beban Kerja Pekerja Tahapan Pengemasan Unit Padatan PT Petrosida Gresik dengan Metode Recommeded Weight Limit ( RWL ). Reka Integra– ISSN: 2338-5081 ©Teknik Industri Itenas │No.2 │Vol.1│ Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Vol 1(1), 1–9. Retrieved from http://journal.ppns.ac.id/index.php/SeminarMASTER/article/view/23




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v7i2.2484

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter