REKOMENDASI RANCANGAN PERBAIKAN ALAT PEMOTONGAN BUSA BANTAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE QUICK EXPOSURE CHECKLIST (QEC) DAN ANTROPOMETRI (STUDI KASUS PADA UD. USAHA MAJU BERSAMA)

Yohana Rusianti Pasaribu, Annisa Purbasari, Abdullah Merjani

Abstract


UD. Usaha Maju Bersama merupakan usaha kecil menengah yang memproduksi berbagai jenis bantal,  selama aktivitas kerja karyawan menggunakan sistem dinamis dan fasilitas kerja yang masih manual. Pada stasiun pemotongan busa bantal aktivitas kerja kebanyakan dilakukan dengan cara membungkuk sehingga karyawan merasakan keluhan pada bagian tubuh seperti leher atas, leher bawah,  punggung, pinggang, pantat, bahu kanan, pergelangan tangan kanan, lengan atas kanan, dan tangan kanan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan  perbaikan postur kerja dan  fasilitas kerja pada stasiun pemotongan busa bantal dengan metode Quick Exposure Checklist (QEC), Nordic Body Map (NBM), dan Antropometri.

                Dimana data-data tersebut akan dilakukan pengolahan data menggunakan metode QEC , pengolahan data menggunakan metode NBM, pengambilan dimensi tubuh karyawan , dan pengolahan data antropometri.

                Dari hasil pengolahan data yang dilakukan, di dapat rata-rata nilai exposure check untuk 5 karyawan ≥70% dimana klasifikasi ini perlu dilakukan tindakan penelitian dan perubahan secepatnya. Dan kuesioner Nordic Body Map (NBM) terdapat 100% keluhan dirasakan pada bagian tangan kanan. Ukuran rekomendasi rancangan alat pemotong busa bantal diperoleh dengan cara pengukuran antropometri, yaitu mengukur jangkauan tangan = 62 cm, rentang tangan = 172 cm, dan tinggi siku berdiri =121 cm.


Keywords


Postur kerja, QEC, NBM, Antropometri, Desain alat pemotong busa bantal.

Full Text:

PDF

References


Brown, R. & Li, G. 2003. The Development of Action Levels For the Quick Exposure Check (QEC) System, In Contemporary Ergonomics. McCabe. P.T. Ed. Taylor, London.

David, G., Woods, V., & Buckle, P (2005). Further development of the usability and validity of the quick exposure check (QEC). Norwich: Health and Safety Executive.

Wignjosoebroto, S. 2000. Ergonomi, Studi Gerakan dan Waktu: Teknik Analisis untuk Peningkatan Produktivitas Kerja. Edisi Pertama, Penerbit Guna Widya. Surabaya




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v7i2.2487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter