DESAIN ALAT PENGHITUNG IC (Intergated Circuit) DENGAN METODE QFD UNTUK MEMPERCEPAT PROSES PENGHITUNGAN PARTIAL UNIT IC (STUDI KASUS PT. INFINEON TECHNOLOGIES BATAM)

Untung Prayogi, Vera Methalina Afma, Abdullah Merjani

Abstract


PT. Infineon Technologie adalah perusahaan semikonduktor, produk yang dihasilkan berupa IC (Integrate Circuit), didalam  perusahaan  tersebut terdapat proses trimfrom dimana proses tersebut merupakan proses pemotongan material yang berbentuk leadfream menjadi unit IC, dimana tempat untuk material unit adalah tube, satu tube berisi 60 unit IC, sedangkan material yang masuk kedalam tube tidak selalu penuh, Jika didapatkan tube yang tidak penuh maka operator harus melakukan perhitungan tube secara manual, untuk mengetahui jumlah IC dalam tube tersebut. Proses perhitungan manual ini memerlukan waktu sekitar 2 menit, proses perhitungan manual ini menyebekan oprator sering mengalami kesalahan dalam perhitungan, oleh karna itu penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan alat bantu perhitungan Parcial unit, untuk mempercepat dalam proses perhitungan unit IC.   

                Perancangan alat penghitung partial IC menggunakan metode QFD dilakukan karena, QFD dapat membuat produk berdasarkan keinginan serta kebutuhan para pengguna. Perancangan produk dengan metode QFD membutuhkan customer voices untuk menyusun matriks pada House of Quality. Kebutuhan primer bagi para pengguna yang didapat dari customer voices ini intinya akan akan dijadikan dasar untuk merancang alat penghitung partial IC. Setelah melakukan perancangan alat penghitung parsial IC kemudian di rancang lagi menggunakan drawing.

                Hasil dari penelitian ini adalah alat bantu penghitungan, dimana opetrator tidak lagi melakukan penghitungaan manual satu persatu, tinggal menjajarkan alat penghitung dengan partial unit langsung mengetahui jumlah partial IC yang ada didalam tube tersebut. Proses ini lebih cepat dari sebelumnya memerlukan waktu 2 menjadi 10 detik.

 


Keywords


QFD,Partial, ic

Full Text:

PDF

References


Akao, Y. (1990). Quality Function Deployment. Productivity Press, Cambridge MA.

Andini, F. (2015). Risk Factors of Low Back Pain in Workers. Majority, Vol 4, no 2, hlm 9.

Cohen. L (1995) How to Make QFD Work for You, Productsy Press. Stamatis, N. (2000). FMEA from Theory to Execution, ASQC Press




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v7i2.2488

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter