PENERAPAN JOB SAFETY ANALYSIS SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA DAN PERBAIKAN KESELAMATAN KERJA DI PT SHELL INDONESIA

Yahdi Ilmansyah, Nina Aini Mahbubah, Dzakiyah Widyaningrum

Abstract


Zero accident merupakan faktor kunci dalam pengelolaan keselamatan dan kesehatan kerja (K3). Berbagai metode K3 diterapkan di perusahaan jasa dan manufaktur guna menghilangkan dan meminmalisir risiko pekerjaan. PT Shell Indonesia merupakan salah satu perusahaan multinasional yang menerapkan prinsip zero accident. Semua karyawan mendapatkan pelatihan secara berkala tentang K3 dalam berbagai aktivitas proyek di onshore maupun offshore.  Proyek Reaktivasi terminal Shell Indonesia merupakan salah satu aktivitas onshore di Gresik. Permasalahan yang teridentifikasi yaitu tinginya potensi bahaya dan kecelakaan kerja pada aktifitas Loading dan unloading Bahan Bakar Minyak (BBM).  Aktivitas tersebut memiliki potensi membahayakan pekerja dan infrastruktur perusahaan. Penelitian ini bertujun untuk menganalisis potensi bahaya sebagai upaya mitigasi kecelakaan kerja. Job Safety Analysis digunakan sebagai metode penyelesaian permasalahan. Explanatory study merupakan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan proyek revitalisasi sebagai studi kasus. JSA Work Sheet merupakan instrument yang digunakan dalam observasi secara langsung. Obyek peneltiian adalah karyawan sub kontraktor pada pekerjaan loading dan unloading BBM. Tahapan pengolahan data dimuali dari identifikasi penyebab kecelakkan kerja, penilaian risiko potensi bahaya dan selanjutnya adalah usula pengendalian potensi bahaya. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa teridentifikasi empat potensi bahaya dengan klasifikasi bahaya medium dikarenakan faktor human error. Peningkatan keselamatan kerja dapat dilakukan dengan melakukan tindakan – tindakan perbaikan terhadap kemungkinan human error tersebut. 

 


Keywords


Job Safety Analysis, Keselamatan dan Kesehatan kerja, Potesi Bahaya, Loading dan Unloading BBM

Full Text:

PDF

References


Anugerah, A. (2017). Implementasi Job Safety Analysis (JSA) pada kegiatan finishing di Industri mebel kecamatan Somba, Opu, Kabupaten Gowa. Jurnal FKIK UIN Alaudin, 17(1), pp 82-95.

Arisma, S., Mashabai, I. (2020). Analisa dan Estimasi Penurunan Risiko Dengan Job Safety Analysis pada Departemen Warehouse di PT Amman Mineral Nusa Tenggara. Jurnal Inndsutri dan Teknologi Samawa. 1 (1). Pp 22-33

Argama, R. (2006). Kesehatan dan Keselamatan Kerja sebagai Komponen Jamsostek. Makalah Fakultas Hukum Universitas Indonesia Jakarta.

Bawang, J., Kawaru, P, A, T., Wowor, R. (2018). Analisis Potensi Bahaya Dengan Menggunakan Metode Job Safety Analysis di Bagian Pengapalan SITE Pakal PT Aneka Tambang Tbk, UPBN Maluku Utara. Jurnal Kesmas, 7 (5). Pp.1-13.

Gydwani. (2018). Job Safety Analysis (JSA) Applied In Construction Industry. IJSTE - International Journal of Science Technology & Engineering,4(9). http://www.ijste.org/articles/IJSTEV4I9040.pdf.

Jauhari,. A, M. (2018). Analisa potensi bahaya dengan menggunakan metode Job Safety Analysis (JSA) pada petugas bak valve di PT. PGAS solution. Skripsi USU. http://repositori.usu.ac.id/handle/123456789/2211 Downloaded from Repositori Institusi USU, Univsersitas Sumatera Utara.

Ramli, S., (2010). Manajemen Risiko dalam Perspektif K3 OHS Risk Management, Jakarta : Dian Rakyat.

Rosdiana, N., Anggraeni, S, K., Umyati, A. (2017). Identifikasi Risiko Kecelakaan Kerja Pada Area produksi Proyek Jembatan Dengan Metode Job Safety Analysis. Jurnal Teknis Industri, 5 (1). Pp 1-6.

Purnamasari, D. (2010). Penerapan job safety analysis sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di bagian pickled PT. adi satria abadi Yogyakarta. Laporan khusus program Diploma III hiperkes dan keselamatan kerja fakultas kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Sukapto, P., Djojosubroto, H., dan Permana, H. (2018). Penerapan Metode Job safety analysis and Risk Score untuk meningkatkan Keselamatan dan kesehatan Kerja pada Departemen Printing, Sewing dan Assembly PT. PAI Bandung (suatu pendekatan participatory ergonomic). Jurnal Kesehatan 3(9) http://ejurnal.poltekkes-tjk.ac.id/index.php/JK.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v8i1.2521

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter