PENERAPAN LINE BALANCING UNTUK MENGURANGI WAKTU MENUNGGU PADA PROSES LEAK TEST VALVE (Studi kasus di PT.Tomoe Valve Batam)

Erikson Manurung, Zaenal Arifin, Abdullah Merjani

Abstract


Skripsi ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya permintaan terhadap produk valve di PT.Tomoe Valve Batam, menuntut untuk melakukan peningkatan hasil produksi dari 2400 unit/minggu menjadi 3500 unit/minggu, kenaikan permintaan sebesar 46 % dari kapasitas sekarang. Dengan mengarahkan sumber daya organisasi untuk melakukan efisiensi produktifitas sehingga menghasilkan output yang diharapkan, dalam peningkatan produktivitas dalam memenuhi permintaan tersebut, sebagai upaya menghadapi permintaan tersebut berbagai usaha ditempuh oleh PT.Tomoe Valve Batam, salah satunya adalah mengurangi waktu tunggu pada proses leak test. Untuk mendukung tujuan tersebut maka penulis ingin melakukan penelitian tentang “Penerapan Line Balancing untuk dapat digunakan sebagai faktor pendorong peningkatan produktivitas, dengan mempertimbangkan berbagai variable yang mempengaruhi produktifitas yang bervariasi antara input dan output dan setiap aspek yang memiliki efek secara signifikan mempengaruhi produktivitas pada sebuah proses karena perancangan ulang merupakan suatu upaya yang sangat cepat untuk melakukan perubahan  dalam mengoptimalkan flow proses kerja dan produktivitas didalam suatu proses produksi. Sebagai identifikasi masalah penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) Seberapa besar efek waktu terbuang karena menunggu pada proses leak test valve terhadap output ? 2) Hal apa saja yang mempengaruhi waktu menunggu  pada proses leak test valve ?

Metode yang digunakan adalah metode Rank Positional Wight ( RPW ). Sumber data dalam penelitian ini adalah PT.Tomoe Valve Batam. Pendekatan yang digunakan adalah trial dan error. Bahan penelitian adalah Cycle Time. Data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data adalah penelitian lapangan dan studi literatur. Alat pengumpul data utama dalam penelitian ini adalah stopwatch dalam tiga metode yaitu Continious Timing ( Pengukuran yang berlanjut terus), Repetitive/Snapback Timing ( Pengukuran yang berulang ) dan  Accumulative Timing ( Pengukuran Akumulatif ). Data yang dikumpulkan adalah gambar produk, peta line produksi, proses produksi, operation proses chart (OPC), proses flow chart (PFC) pada proses produksi valve serta kapasitas produksi dan data permintaan  di PT. Tomoe Valve Batam.

Berdasarkan hasil penelitian terhadap Penerapan line balancing untuk mengurangi waktu tunggu pada proses leak test di PT.Tomoe Valve Batam, ditemukan beberapa hal tentang penerapan line balancing yaitu Upaya penerapan line balancing untuk mengurangi waktu tunggu didapatkan waktu siklus sebelum perbaikan sebesar 1.0 menit/unit = 60 unit/jam dan berdasarkan  penerapan metode  line balancing dengan penambahan 1 cell pada proses sub-assembly didapatkan sebesar 120 unit/jam. Jadi output yang hilang karena menunggu pada proses leak test = 60 unit/jam dan tindakan perbaikan yang dilakukan agar waktu menunggu pada proses leak test menurun adalah dengan penambahan 1 cell pada proses sub-assembly.


Full Text:

PDF

References


Baroto, Teguh. (2002). Perencanaan dan Pengendalian Produksi, Edisi 1. Indonesia. Ghalia

Elsayed, A., 1994, Analysis and Control of Production System, New Jersey: Prentice Hall.

Kadarusman, Indra (2007), Analisa Keseimbagan Lintasan Produksi Untuk Mengurangi Balance Delay Guna Meningkatkan Output Produksi, ITATS.

Moore, J.M. 1962. Plan Layout And Design, Mac millan Publishing Co, Inc, Newyork.

Newell, A. dan Simon, H (1972) Human Problem Solving. Engle Word Clifs, NJ: Prentice Hall.

Nasution, Arman (2003), Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Gaha Ilmu.

Rigg, James L. 1970. Production System : Planning, Analysis and Control. Newyork.

S Buffa, Elwoos (1996), Managemen Operasi dan Produksi, Jakarta. Bina Rupa Aksara. Tabel allowance menurut benyamin W. Neibel.

Sutalaksana, I, Z, Anggawisata, R, Tjakraatmadja, J. H, 1979, Teknik Tata Cara Kerja, Departemen Teknik Industri Institut Teknologi Bandung, Bandung




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v8i2.2806

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.