Analisis Risiko Kecelakaan Kerja Menggunakan Metode Hazard And Operability Study (HAZOP) Pada Proyek Kontruksi Drainase

Rapiah Sarfa Marasabessy, Agung K Hanaulu, Mohtar Latuconsina

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah menganalisis risiko kecelakaan pada pengerjaan proyek konstruksi drainase di CV. Irama Pratama dengan maksud mengurangi tingkat risiko kecelakaan yang terjadi. Keselamatan dan kesehatan kerja adalah kewajiban yang telah diamanatkan dalan Undang-Undang Keteranagkerjaan dan Peraturan Menteri Tenaga Kerja, sehingga risiko kecelakaan yang terjadi bisa ditekan. Dalam pelaksaan proyek CV. Irama Pratama telah menerapkan Sistem K3 dengan baik, namun kecalakaan seringkali akibat dari kelalaian pekerja sendiri. Sehingga diperlukan pendekatan yang tepat untuk mengetahui risiko kecelakaan. Hazard and Operability Study (HAZOP) adalah metode yang bisa diterapkan untuk mengidentifikasi dan menganalisis risiko kecelakaan kerja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa risiko tertinggi terjadi pada pekerjaan awal pada kegiatan A1, A2, A4, B1, B2 dengan tingkat bahaya 10-14, sedangkan pada pekerjaan konstruksi pada kegiatan A3, A7, B5, B6, B7, B9, B10, dan pada Pekerjaan akhir pada kegiatan C11 termasuk dalam kategori risiko sedang dengan tingkat bahaya 5 - 9. Sehingga rekomendasi perbaikan lebih difokuskan pada kondisi risiko tinggi.

Keywords


HAZOP, Proyek Konstruksi, Risiko Kerja

Full Text:

PDF

References


Anizar. 2012. Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Industri, Cetakan II. Yogyakarta: Graha Ilmu

Dunjó, J., Fthenakis, V., Vílchez, J. A., & Arnaldos, J. (2010). Hazard and operability (HAZOP) analysis. A literature review. Journal of hazardous materials, 173(1-3), 19-32.

Hadipoetro, S. (2014). Manajemen komprehensif keselamatan kerja. Jakarta: Yayasan Patra tarbiaah Nusantara.

Henaulu A. K., (2017). Proyek Konstruksi Perumahan Minimalis Dengan Mengunakan Metode CPM-PERT. Anvantage-Jurnal Ilmu Ekonomi. ISSN 2302-5611. pp 49-54

Juniani, A. I., Handoko, L., & Firmansyah, C. A. (2008). Implementasi Metode Hazops dalam proses identifikasi bahaya dan analisa risiko pada feedwater system di unit pembangkitan paiton PT. PJB. Surabaya: Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya.

Kotek, L., & Tabas, M. (2012). HAZOP study with qualitative risk analysis for prioritization of corrective and preventive actions. Procedia Engineering, 42, 808-815.

Restuputri, D. P., & Sari, R. P. D. (2015). Analisis kecelakaan kerja dengan menggunakan metode Hazard and Operability Study (HAZOP). Jurnal Ilmiah Teknik Industri, 14(1), 24-35.

Tanasy J. R., Henaulu A. K., (2018). Desain Penjadwalan Proyek Konstruksi Perumahan Minimalis Di PT. Pesona Graha Mandiri (PGM). Dengan Menggunakan Metode AON (Activity On Node). Jurnal Isticomprove. Vol 1 (2), pp. 7-14.

Utami, T. N., Winata, R., Sillehu, S., & Marasabessy, R. S. (2019). Earplug as a Barrier on Hearing Disorders Due to Noise Exposure. Indian Journal of Public Health Research & Development, 10(12), 2028-2032




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v8i2.2809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 PROFISIENSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter