EFISIENSI PEMAKAIAN AIR PADA PROSES REVERSE OSMOSIS DENGAN MENGGUNAKAN REKAYASA NILAI DI PT.EXCELITAS TECHNOLOGIES BATAM

Imran Imran, Dadang Redantan, Zaenal Arifin

Abstract


Rekayasa nilai digunakan sebagai usaha secara sistematik dan terorganisir untuk menganalisa atau mengadakan fungsi yang esensial dengan life cycle cost yang serendah-rendahnya untuk mencari solusi terhadap tingginya pemakaian air. PT.Excelitas Technologies Batam yang memproduksi digital imaging, speciality lighting, teknologi detection dan trigger coil mengalami peningkatan permintaan yang cukup besar sehingga mengakibatkan meningkatnya pemakaian air yang sifatnya umum seperti toilet, kegiatan pembersihan dan lain-lain. Peningkatan jumlah pemakaian air ini menghasilkan pengeluaran biaya yang cukup besar setiap bulannnya sehingga perlu upaya penghematan.
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui jumlah pemakaian air dan biaya yang dikeluarkan setiap bulannya dan mencari solusi efisiensi pemakaian air untuk penghematan pemakaian air. Metode yang digunakan adalah dengan RO (reverse osmosis).
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat 13% pemborosan dari proses RO setiap bulannya yang setara dengan 760m3, dengan biaya yang dapat dihemat sebesar S$ 1227 atau setara dengan 722.2m3. Sehingga dalam setahun dapat menghemat 8666.4m3 atau melebih target yang ditentukan yaitu 3479m3.
Kata kunci : peningkatan permintaan, RO, penghematan, biaya

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v2i1.300

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI