PERANCANGAN ULANG TATA LETAK PABRIK JAMUR TIRAM MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY RELATIONSHIP CHART UNTUK MENINGKATKAN PRODUKTIVITAS (STUDI KASUS CV. MANDIRI TIBAN III)

Lalu Moh. Samsudin, Vera Methalina Afma, Annisa Purbasari

Abstract


Tata letak merupakan salah satu hal terpenting yang harus diperhatikan oleh suatu perusahaan. CV. Mandiri Batam merupakan salah satu industri menengah yang bergerak di pembuatan jamur tiram di kota Batam. Saat ini, CV. Mandiri belum bisa memenuhi permintaan konsumennya yaitu sebesar 14500 log perbulannya, sedangkan dengan layout saat ini output produksi hanya 14250 log perbulan,sehingga masih terjadi kekurangan sebesar 250 log perbulannya.Setelah dilakukan pengamatan, penyebabnya adalah pengaturan tata letak yang masih kurang baik, dimana masih terjadi waktu transportasi yang cukup lama, sistem kerja karyawan tidak teratur disebabkan dalam mengambil masing-masing material tidak berurutan (masih bolak-balik) sehinggaberpengaruh kepada pencapaian output sehingga bisa dikatakan belum maksimal. Sehingga perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk merancang ulang tata letak area produksi jamur tiram agar dapat meningkatkan produktivitas di CV. Mandiri.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ARC (Activity Relationship Chart) yang merupakan diagram yang menunjukan hubungan kedekatan antara satu departemen dengan departemen lainnya.CV. Mandiri terdapat 9 departemen.
Dari hasil penelitian, didapatkan layout alternatif 4 yang dapat memberikan peningkatan output produksi dari 14250 log menjadi 14590 log perbulan (terjadi peningkatan sebesar 2,3%), jarak tempuh berkurang dari 120,5 m menjadi 58m dan waktu proses berkurang dari 24285 detik menjadi 23721 detik.
Kata kunci : pabrik jamur,tata letak pabrik,log, ARC, produktivitas

Full Text:

PDF

References


James M,A., 1977, Plant Layout and Material Handling, Third Edition, Jhon and Wiley and Sons. New York

Defriano. 2009. Perancangan Alat Bantu Untuk Meningkatkan Produktifitas Proses Pembuatan Machine Bed. Universitas Riau Kepulauan Batam.

Dadan,S.2010.SkripsiPerancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik Di Stasiun Kerja Zilog. Skripsi Universitas Riau KepulauanBatam.

Satrio. 2010. Metodologi Penelitian. Alap bata : Jakarta

Tasman. 2008. Ekonomi Produksi , Analisa Efektivitas dan Produktivitas.Candra Pratama : Jakarta

Sumanth.1985.Beberapa Manfaat Pengukuran Produktivitas Dalam Organisasi Perusahaan.

Purnomo. 2004. Penggunaan Pola Aliran Material. PT. Asdi Mahastya, Jakarta




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v2i1.310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI



E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter