PERANCANGAN ULANG KURSI ANTROPOMETRI UNTUK MEMENUHI STANDAR PENGUKURAN

Agung Santoso, Benedikta Anna, Annisa Purbasari

Abstract


Laboratorium merupakan salah satu sarana untuk kegiatan praktikum mahasiswa. Dalam kegiatan praktikum,adanya sarana dan prasarana dapat berpengaruh terhadap kelancaran kegiatan praktikum itu sendiri. Salah satu sarana dan prasarana tersebut adalah kursi antropometri. Kursi Antropometri digunakan untuk pengukuran antropometri posisi duduk. Alat tersebut hanya digunakan untuk pengukuran 6 dari 21 dimensi antropometri. Sehingga kurang berfungsi sebagaimana mestinya. Rata - rata waktu pengukuran untuk 6 dimensi antropometri adalah 18,45 menit.
Berdasarkan dari kondisi tersebut akan dilakukan perancangan ulang terhadap kursi antropometri laboratorium ergonomi, agar dapat memenuhi pengukuran 21 dimensi antropometri. Beberapa hal yang akan dijadikan dasar dalam melakukan perancangan ulang ini adalah antropometri, rancangan adjustable tool. Selanjutnya akan di bandingkan kondisi kursi antropometrirancangan lama dan rancangan baru.
Dari hasil analisa yang telah dilakukan dapat di ketahui bahwa kondisi kursi antropometrisesudah perancangan ulang lebih baik dari pada kondisi kursi antropometri sebelum perancangan ulang, seperti berikut ini: Kursi dapat digunakan untuk pengukuran 21 variabel antropometri. Setelah dilakukan uji-t didapatkan bahwa terjadi perubahan yang signifikan mengenai waktu pengukuran. Waktu pengukuran menjadi lebih cepat, dari rata – rata 18,45 menit untuk kursi antropometri sebelum perancangan menjadi 4,26 menit dengan penurunan waktu pengukuran sebesar 76,87%.
Kata kunci :Kursi Antropometri, Antropometri, Perancangan, Uji-t.

Full Text:

PDF

References


Anna B. 2012. Pemanfaatan citra dua dimensi pada perancangan sistem pengukuran antropometri circumference secara digital. Tesis, Universitas Gajah Mada.

Fauzi, A. 2009. Statistik Industri. Jakarta: Erlangga.

Januar, D. 2010. Pemanfaatan citra dua dimensi pada perancangan sistem pengukuran antropometri secara digital. Skripsi, Universitas Gajah Mada.

Nurmianto, E. 1996. Ergonomi Konsep Dasar dan Aplikasinya Edisi Pertama. Surabaya: Prima Printing, Surabaya.

Tarwaka.2010. Ergonomi Industri - dasar-dasar pengetahuan ergonomi dan aplikasi di tempat kerja. Solo: Harapan Pres




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v2i2.317

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI