ANALISA PENINGKATAN PRODUKTIFITAS MELALUI PENGOPTIMALAN PENGGUNAAN MESIN MTI PADA PROSES PEMOTONGAN BAR DI PT.MKPI (BATAM)

Hengki SM, Abdullah Merjani

Abstract


PT. Matshushita Kotobuki Peripheral Indonesia (MKPI) adalah perusahaan multinasional yang bergerak di bidang elektronik. Bagian produksi terdiri dari beberapadivisi seperti pembuatan slider, perakitan HGA (head gimbal assembly), perakitan HSA(head stack assembly), perakitan magnet dan perakitan hard disk. Pada proses pemotongan bar saat ini masih menggunakan fixture dengan kapasitas 10 bar.
Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat seberapajauhpengaruhpenyederhanaan proses melalui penggunaan fixture baru (kapasitas 18 bar) pada stasiun pemotongan bar. Metode yang digunakan adalah analisa peta operasi kerjadan kriteria fixture.
Hasil perhitungan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan produktifitas dengan penggunaan fixture kapasitas 18 bar dengan adanya pengurangan jumlah step/langkap proses yang dilewati dari 11 langkah menjadi 7 langkah, pengurangan jumlah waktu proses keseluruhan /lead time dari72.72 menit menjadi 52.39 menit, pengurangan jumlah jarak transportasi yang ditempuh operator dari 42 meter menjadi 21 meter dan pengurangan jumlah operator yang dibutuhkan dari 5 orang menjadi 3 orang.
Kata kunci: produktifitas, peta operasi kerja, fixture, pemotongan bar

Full Text:

PDF

References


Suzaki K.1993 Tantangan Industri Manufaktur. Jakarta;PT.Temprint

Wignjosoebroto S.1993.Pengantar Teknik Industri.Surabaya; Guna Widya

Sutalaksana I.Z.,Tjakraatmadja JH., Anggawisastra R.1979.Teknik Tata Cara Kerja.Bandung;ITB




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v2i2.319

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI