DESAIN SISTEM INFORMASI AKADEMIK PENDAFTARAN MAHASISWA BARU STUDI KASUS DI UNIVERSITAS RIAU KEPULAUAN BATAM

Henry Agustian, Vera Methalina Afma, Annisa Purbasari

Abstract


Informasi merupakan sesuatu yang penting didalam suatu organisasi pendidikkan dalam pengambilan keputusan. Pemanfaatan teknologi informasi dalam organisasi pendidikan untuk mendukung kegiatan akademik, Hal ini disebabkan karena manfaat dari teknologi informasi semakin dirasakan, baik bagi pihak kampus maupun mahasiswa. Suatu organisasi akan membutuhkan informasi yang akurat untuk mendukung pengambilan keputusan yang akan dilakukannya. Saat ini Fakultas Teknik masih menggunakan Sistem Informasi secara manual, walaupun sudah menggunakan komputerisasi akan tetapi tidak merupakan sistem yang saling terintegrasi dan dalam pengengolahan data pendaftaran mahasiswa baru hanya menggunakan program Microsoft Excel. UNRIKA saat ini belum menerapkan sistem berbasis web yang pengolahan datanya sacara otomatis dan saling berintegrasi untuk melihat hasil pendaftaran dan ujian tes penerimaan mahasiswa baru, sehingga hal ini selalu menyebabkan antrian yang cukup panjang pada waktu melihat informasi tersebut.
Penelitian ini bertujuan menganalisis sistem informasi akademik pendaftaran mahasiswa baru yang sedang berjalan dan mendesain sistem informasi akademik pendaftaran mahasiswa baru yang baru. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode FAST,dimana berkaitan erat dengan analisis dan desain sistem melalui cara PIECES (Performance, Information, Economics, Control, Efficiency, dan Service). Berdasarkan analisis kebutuhan, user terdiri dari BAAK, dosen dan mahasiswa membutuhkan sistem informasi akademik yang bisa diakses dengan mudah dan informasi didapat tepat waktu.
Kata Kunci : sistem, informasi, akademik, FAST, PIECES

Full Text:

PDF

References


Bagad, V. S, 2009, Manajement Information System, India: Technical Publication Pune, fourth revisied edition.

Devis ,Gordon B, 1998. Manajemen Information System, Conceptual Foundation Structure and Development. Edisi Indonesia. New Yrok: Penerbit MacMillan.

Handayani, 2011, Kompeterisasi Sistem Informasi Akademik SMK Bina Patria 1 Sukaharjo, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer, Yogyakarta.

Jogianto, 1989, Analisa & Desain. Yogyakarta: Andi Yogyakarta, edisi ketiga, 2005.

Suprioyono, 2006, Sistem Informasi Akademik Jurusan Teknofisika Nuklir, STTN-BATAN Yogyakarta.

Susanti, E, 2012, Desain Sistem Informasi Manajemen Biro administrasi, Akademik kemahasiswaan, UII Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v2i2.320

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI



E-ISSN 2598-9987

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Profisiensi : Jurnal Program Studi Teknik Industri

Gedung A Lt.1, Fakultas Teknik, Universitas Riau Kepulauan

Jl. Pahlawan No.99, Batu Aji, Batam, Kepulauan Riau

Email: Profisiensi@journal.unrika.ac.id

 

Web Analytics Made Easy - Statcounter