RANCANGAN PERBAIKAN PENJADWALAN PROYEK PEMBANGUNAN KAPAL TUG BOAT 42 M DENGAN CRITICAL PATH METHOD PADA PT. BATAM EXPRESINDO SHIPYARD

Drika Olivia, Vera Methalina Afma, Benedikta Anna

Abstract


PT. Batam Expresindo Shipyard merupakan perusahaan galangan kapal yang masih menggunakan penjadwalan berupa Gantt Chart dalam perencanaan proyek. Akan tetapi, dalam penyelesaian proyek yang dilakukan banyak ditemui kendala seperti waktu penyelesaian pekerjaan yang tidak sesuai atau mengalami penyimpangan, kurangnya pemantauan pada penjadwalan proyek dan penjadwalan yang kurang efisien, sehingga mengalami keterlambatan penyelesaian proyek. Keterlambatan proyek pembangunan Tug Boat 42 M di PT. Batam Expresindo Shipyard dapat meningkatkan biaya produksi kapal yang berakhir pada meruginya perusahaan. Keterlambatan ini disebabkan karena terjadinya perbedaan metode pembangunan sehingga terjadi penyimpangan dari jadwal yang telah direncanakan.

Tujuan Penelitian ini adalah menentukan penjadwalan pembangunan kapal Tug Boat 42 M dengan Critical Path Method, menentukan kemajuan volume pekerjaan proyek pembangunan kapal Tug Boat 42 M dengan kurva S dan menentukan nilai kinerja proyek berdasarkan ACWP, BCWP, dan BCWS. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Critical Path Method yang digunakan untuk mengkaji ulang penjadwalan untuk mengatasi keterlambatan proyek dengan menggambarkan urutan dan hubungan pekerjaan atau kegiatan sama lain yang diarahkan untuk meminimumkan waktu penyelesaian proyek. Hasil dari penjadwalan ulang dapat mengurangi biaya pembangunan kapal.

Hasil penelitian ini menunjukkan pembangunan kapal Tug Boat 42 M dengan Critical Path Method selama 243 hari dan diperoleh indeks kinerja Cost Performance Index atau CPI bernilai 0,981 (< 1) yang menjelaskan bahwa proyek mengalami kerugian, dan Schedule Performance Index atau SPI bernilai 0,982 (<1)yang menjelaskan bahwa proyek mengalami keterlambatan dari rencana.

                                                                                                          

Kata Kunci : Critical Path Method, Tug Boat 42 M, Cost Performance Index, Schedule Performance Index, S-Curve


Full Text:

PDF

References


Husen, A. 2009. Manajemen Proyek. Perencanaan, Penjadwalan, dan Pengendalian Proyek. Yogyakarta: Andi.

Kusuma, H. 2009. Manajemen Produksi, Perancangan dan Pengendalian Produksi. Yogyakarta: Andi.

Purnomo, H. 2004. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Sinulingga, S. 2008. Perencanaan & Pengendalian Produksi. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Soeharto, I. 2001. Manajemen Proyek, Dari Konseptual sampai Operasional. Jakarta : Erlangga.

Sofyan, D. K. 2013. Perencanaan & Pengendalian Produksi. Yogyakarta : Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v3i2.332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 PROFISIENSI