PENINGKATAN EFISIENSI KERJA DENGAN MENGGUNAKAN JIG INSPEKSI DENGAN METODE PDCA DI PROSES VISUAL INSPECTION DI PT XYZ

Hilda Herasmus, Erlita Amrina, Sanusi Sanusi

Abstract


PT XYZ adalah salah satu perusahaan Manufacturing yang selalu mengedepankan perbaikan dan Inovasi sebagai salah satu kunci sukses dalam menjalankan operasional perusahaan dalam menghadapi persaingan yang semakin kuat di produk elektronik dan elektrik di saat ini. Banyaknya perubahan teknologi mengakibatkan perusahaan-perusahaan Manufacturing juga harus bisa bergerak cepat memenuhi kebutuhan masyarakat yang selalu bergerak kearah teknologi baru. Untuk memastikan agar semua program perbaikan berjalan dengan baik maka perlu semangat dan kerjasama yang kuat antara karyawan dan Manajemen dalam menjalan program perbaikan ini secara terus menerus dengan menerapkan metode Plan Do Check Action (PDCA).
Pada bulan Januari 2020 PT XYZ mendapatkan peningkatan jumlah produksi yang berasal dari peningkatan jumlah permintaan pelanggan. Untuk memenuhi permintaan tersebut, maka seluruh proses harus meningkatkan efisiensi dengan tetap menjaga kualitas kerja. Berdasarkan hasil pengamatanan dari bulan November 2020-Jan 2021 ditemukan proses Visual Inspection diproses Stator merupakan proses yang paling rendah efisiensinya dibandingkan dari semua proses Visual Inspection lainnya di PT XYZ.
Tujuan penelitian untuk melihat penyebab terjadinya Inefficiency process Visual Inpection pada material stator dan untuk mengetahui cara mengatasi masalah tersebut dengan meggunakan metode PDCA (Plan Do Check Action)
Berdasarka hasil penelitian dengan metode Plan Do Check Action (PDCA) yang dan dilanjutkan dengan proses penerapan maka terdapat peningkatn efisiensi sebanyak 120% di proses pengecheckan Visual Inspection di material stator.

Keywords


Metode PDCA, IQC, Visual Inspection Process, inefficiency process, Stator

Full Text:

PDF

References


La. Hatani. 2007. “Manajemen Pengendalian Mutu Produksi Roti Melalui Pendekatan Statistical Quality Control (SQC).” Diakses 12 April 2017 dari www.google.com/ Jurusan Manajemen FE Unhalu.

Herjanto, E. 2008. MANAJEMEN OPERASI EDISI KETIGA. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Gaspersz,V. 2014. Total Quality Management. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Huri, M. D. dan Susilowati, I. 2004. “Pengukuran Efisiensi Relatif Emiten

Perbankan Dengan Metode Data Envelopment Analysis (DEA)(Studi Kasus: Bank-bank yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta Tahun 2002)”. Jurnal Dinamika Pembangunan. Vol. 1 No 2.

Alisjahbana. A. 2005. “Evaluasi Pengendalian Kualitas Total Produk Pakaian Wanita pada Perusahaan

Kuswadi dan Mutiara, E. 2004. Delapan Langkah dan Tujuh Alat Statistik untuk Peningkatan Mutu Berbasis Komputer. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Konveksi. “Jurnal Ventura. Vol. 8. No.

April 2005.




DOI: https://doi.org/10.33373/profis.v9i1.3335

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Universitas Riau Kepulauan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.